Komen Drakor : Juvenile Justice

Drama Persidangan dengan tema kejahatan anak di bawah umur ini tidak hanya berisi tentang keadilan dan celah dalam hukum saja. Tapi juga tentang kehilangan, cinta kasih, dan tanggung jawab orang tua.

Nilainya : 3.8/5

Serial ini dipenuhi emosi. Baik ketengangan dan peeasaan marah, sampai kesedihan dan rasa bersalah.

Bercerita tentang hakim cewek yang tegas dan dingin. Ia terkenal tidak ada ampun dan selalu menjatuhkan hukuman maksimal kepada yang terbukti bersalah.

Dalam 10 eps serial ini punya format kasus per kasus yang diselesaikan dalam 2 sampai 3 eps.

Juga disamping persidangan, serial ini mengangkat isu peradilan anak secara umum. Kelemahan sistem dan pengaruh lingkungan. Serial yang cukup serius.

Tapi sayangnya tak banyak karakter bagus dalam serial ini. Hanya menampilkan beberapa Hakim dan karakter yang silih berganti di tiap kasusnya. Dan dari sedikitnya Hakim yang muncul tersebut, hanya tokoh utamanya saja yang ditulis dengan cukup bagus.

Karakter utamanya digambarkan kuat dan tegas. Itu aku suka. Tapi sebagai hakim tindakannya terasa sedikit diluar ranahnya. Namun meski begitu masih bisa ditolelir mengingat untuk format serial memang akan kurang menarik kalau dia murni cuma judging dari data-data dan meja pengadilan doang. Lagi pula dia masih digambarkan dengan cukup rasional dan believe-able sebagai seorang Hakim.

Sedang karakter hakim cowoknya hanya dijadikan sebagai alat dalam cerita. Entah untuk pengerak plot, pengingat tokoh utama, atau sekedar pembanding agar si tokoh utama terlihat lebih keren saja.

Jauh lebih baik karakter Hakim ketuanya yang cowok. Pergolakan batin dan perubahan sikapnya terasa lebih menarik dan manusiawi. Meski hanya berperan penting dalam beberapa eps doang.

Sementara untuk alur ceritanya sedikit banyak yang bisa ditebak. Yang berarti tipikal dengan genre sejenis. Tapi memang serial ini lebih condong ke dampak dari kasus tersebut terhadap korban, terdakwa, dan orang di sekitar mereka.

Setiap adegan pengadilannya terasa intents dan menarik. Sedang adegan emosionalnya, entah itu pilu, tragis, atau yang menghangatkan hati juga digambarkan dengan baik. Mulai dari narasi, musik, serta pengambilan adegannya membuat scene terasa lebih berdampak.

Setiap sisi disajikan dengan porsi berimbang. Jadi penonton bisa memahami mengapa tokoh-tokoh itu mengambil tidakan semacam itu.

Jadi kadang terasa tragis saat melihat sebuah kejahatan dilakukan berdasar dari sesuatu yang memilukan.

Selain itu latar belakang si tokoh utama dan intrik politik yang ada dalam serial ini tidak terlalu ditonjolkan. Seolah cuma jadi elemen pendukung cerita saja.

Tontonan bagus buat yang suka sama drama peradilan atau genre drama legal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.