Linimasa Film Kamen Rider era Reiwa plus Zi-O (Update 30 Mei 22)

Baiklah, sekarang akan kita lanjutkan ke Kamen Rider generasi baru. Penutup era dan pembuka era.

Jadi ku mulai dengan Kamen Rider Zi-O. Iwae! Waga Maou. Tapi sebelum itu kita kan seselin mini seri Rider Time dulu.

Rider Time: Kamen Rider Ryuki. Punya 3 eps, mini seri ini merupakan lanjutan dari serial Ryuki 16 tahun setelah semuanya ke reset. Mungkin sebelum eps 29 dari serial Zi-O. Secara di eps 21 nya dia cuma ngelawan Another Ryuga. Dan di eps 29 Zi-O udah punya Ridewatch nya Ryuki. Tapi anehnya adegan dalam Movie Ryuki yang Episode Final itu muncul juga sebagai flash back. Entah mungkin yang bikin lupa, terus masukin adegan dari filmnya yang ga canon, atau timeline serial ini emang reset setelah endingan di versi filmnya. Terus juga disini buat pertama kalinya secara jelas mensyen karakter Kamen Rider Gay.

Kamen Rider Zi-O: Over Quartzer. Film ini berada di timeline lain setelah eps 43 dalam serialnya. Bercerita tentang kelompok pengamat para penjelajah waktu bernama Quartzer, orang-orang yang pake seragam kaya punya Kuro Woz, yang berusaha menciptakan era Heisei yang baru. Film ini berisi informasi penting tentang latar belakan Kuro Wos yang ga pernah diungkap di serialnya.

Kamen Rider: Reiwa The First Generation. Film duet ini bersetting di sekitaran eps 9-10 serial Zero One, dan beberapa waktu setelah endingan serial Zi-O. Bercerita tentang Time Jacker baru bernama Finis yang merubah masa lalu. Namun pada akhirnya karena waktu telah dikembalikan seperti semula, maka baik kelompok Sougo ataupun kelompok Aruto lupa akan Semua kejadian dalam film ini. Kecuali IZU. Dia punya memory paradox ala serial The Man in the High Castle.:D Terus di ending diperlihatkan sosok Thouser buat pertama kalinya.

Kamen Rider Zi-O NEXT TIME: Geiz, Majesty. V-Cinext yang bercerita tentang Geiz. Settingnya beberapa waktu setelah film Reiwa the First Generation. Mengisahkan tentang munculnya kembali Shiro Woz yang meminta Geiz untuk mengalahkan Sougo sebelum jadi Maou. Dan di akhir film Sogou, Geiz, dan Tsukuyomi tetep nyimpen Ridewatch mereka masing-masing, meski belum ingat tentang kejadian dari serialnya.

Rider Time: Kamen Rider Decade VS Zi-O -Decade Mansion’s Death Game- Mini seri 3 eps yang bercerita tentang sebuah permainan kematian dalam sebuah rumah di antah berantah. Para pesertanya diambil dari berbagai dunia parallel. Guna menemukan Sougo yang asli. Cerita bersambung ke mini seri selanjutnya. 7 Zi-O.

Rider Time: Kamen Rider Zi-O VS Decade -7 of Zi-O!- Mini seri lanjutan dari Mansion’s Death Game. Juga punya 3 eps. Bercerita tentang sekolahan Sougo yang tiba-tiba terlempar ke dunia lain. Sebulan setelah kejadian di film Geiz Majesty. Bersama itu pula, muncul 6 Sougo lainnya. Ada semacam easter-egg yang berkesinambungan dalam mini seri ini dengan mini seri sebelumnya. Si Misa yang awalnya hantu, akhirnya bereinkarnasi dan berhasil nyari Sougo yang manusia terus dipacarin. Mantab Misa! Terus di sini juga diseselin tentang LGBT. Bahkan di eps 2 nya ada dialog tentang cinta yang tidak mengenal gender.

Kamen Rider Zero-One: REAL×TIME. Film ini bersetting 3 bulan setelah eps akhir dari serialnya. Bercerita tentang Kamen Rider Eden yang muncul sebentar di akhir eps terakhir serialnya. Mantan ilmuwan yang ingin menyelamatkan tunangannya dan menjebak orang-orang ke dalam Meta-verse. Di sini akhirnya IZU henshin jadi Zero Two.

Zero-One Others: Kamen Rider MetsubouJinrai. V-Cinext yang menceritakan tentang boybands Humegears, MetsubouJinrai. Bersetting beberapa waktu setelah film REALxTIME, film ini berkisah tentang akhir dari Horobi, Jin, Naki, dan Ikazuchi. Film ini berperan sebagai bagian awal dari sebuah cerita besarnya. Yang akan disambung langsung dengan V-Cinext berikutnya.

Zero-One Others: Kamen Rider Vulcan & Valkyrie. V-Cinext ini bercerita tentang Yua selaku pemimpin A.I.M.S dan Fuwa, dalam mengahapi tindakan MetsubouJinrai di V-Cinext sebelumnya. Dua V-Cinext Zero One Others ini sedih-sedih banget ceritanya. 😥

Kamen Rider Genms -The Presidents- Terus ada ini. Web mini seri 2 episode tentang Dan Kuroto dan Amatsu Gai. Dua CEO yang dipertemukan. Ceritanya konyol dan santai aja sih.

Kamen Rider Genms -Smart Brain and the 1000% Crisis- Disambung lagi dengan web mini seri yang ini. Tone cerita masih sama seperti sebelumnya. Konyol dan ringan. Tapi setidaknya yang ini munculin 2 form rider baru. Dan karakter dari Smart Brain, Smart Queen. Yang sepertinya bakalan lebih serius di eps kedepannya.

Kamen Rider OOO Net Movie: Core Medal of Resurrection Prologue. Net Movie yang durasinya cuma 5 menitan ini seperti sebuah preview pembukaan film peringatan ke 10 tahunnya Kamen Rider OoO

Kamen Rider OOO Net Movie: Birth X Birth Prologue. Net Movie ini juga sama. Cuma dari sudut pandang Kougami Fondation.

Kamen Rider OOO 10th: Core Medal of Resurrection. V-Cinext perayaan 10 tahun Kamen Rider OOO ini bercerita tentang bangkitnya OOO asli dari masa lalu, dan kembalinya Ank, serta berpulangnya Eiji. 😥 Setting ceritanya juga 10 tahun setelah episode terakhirnya. Yang berarti 2021. Barengan ama serial Kamen Rider Saber. Makanya ku taruh di sini posisinya.

Kamen Rider Saber Spin-off: Swordsmen Chronicles. 4 episode special yang menceritakan ulang kejadian di beberapa serial awal Saber tapi dari sudut pandang kesatria pedang lainnya. Lumayan buat lebih memperkenalkan lagi karakter mereka.

Kamen Rider Saber: The Phoenix Swordsman and the Book of Ruin. Film ini bercerita tentang Kamen Rider Falchion alias si Bahato sang kesatria pedang abadi yang ingin menghancurkan dunia. Dan si Saber dapet form 3 Naga. Emosional Dragon.

Kamen Rider Saber × Ghost. Web series yang bercerita tentang Kanon yang sedang mencari Onii-chan nya. Alur ceritanya menyambung dari V-Cinema Spectre. Dan kemudian menyambung dengan web series selanjutnya.

Kamen Rider Specter × Blades. Lanjutan langsung dari Web Series GhostxSaber sebelumnya. Cuma kali ini Specter ama Blades. Akhirnya si Kanon ketemu ama Onii-chan nya. Terus dia henshin jadi Kamen Rider juga.

Movie Release Commemorative Combo Special. Ini mirip episode gabungannya Gaim dan ToQger yang jadinya 1 eps utuh dengan durasi 1 jam. Ceritanya ya gitu-gitu aja, sih. Episode special ini memang difungsikan sebagai pendahuluan bakal film gabungan mereka. Saber + Zenkaiger.

Special Chapter: The World Pirate is Coming, Intersecting Worlds. (Bagian dari Kamen Rider Saber ini meski tayang setelah eps 43, namun ceritanya berada di antara eps 39 dan 40)

No. 20-kai! Swordsman and World Pirate, A Brother’s Promise. (Bagian dari Kikai Sentai Zenkaiger ini masuk dalam cerita eps 20)

Saber + Zenkaiger: Superhero Senki. Bercerita tentang anggota dari Sword of Logos yang berkhianat dan ingin menciptakan ulang dunia dengan memanipulasi si sensei Ishinomori buat ga ngegambar Kamen Rider dan Super Sentai. Mirip film Heisei Generation Forever. Film ini sangatlah meta.

Special Issue: A New Page, Opens. Episode paling akhir dari serial Kamen Rider Saber setelah episode finalnya. (Eps 48) Episode ini mirip seperti episode terakhirnya serial Kamen Rider Drive. Yang mana mengenalkan Rider selanjutnya. Dan disini adalah Revice.

Revice Legacy: Kamen Rider Vail. Sebuah spin-off mini series, prequel dari serial Revice yang bersetting 25 tahun sebelumnya. Yang berarti di tahun 1997 an. Sekitar 3 tahun sebelum serial Kuuga. Sengaja ku taruh disini biar lebih fresh aja secara timeline dan story-wise. Tapi ga salah juga di tonton sebelum Kuuga. 😀 Bercerita tentang latar belakang bapaknya Ikki. Om-om gaje yang sukanya bikin konten di platform video streming.

Kamen Rider Revice: The Movie (2021). Entah kenapa film ini disebut The Movie doang. Dan meski hanya berdurasi 30 menit setara ama format serialnya. Settinganya setelah eps 4 serialnya.

Kamen Rider: Beyond Generations. Bercerita tentang seorang dari masa lalu, yang menuju ke masa depan, terus tahu masa depan bakalan hancur ama iblis, balik lagi ke masa sekarang buat merubah masa depan. Dalam Movie War nya Saber dan Revice ini memperkenalkan Kamen Rider baru bernama Century.

Kamen Rider Revice: The Mystery. Web mini seri dengan 5 eps ini bercerita tentang misteri pembunuhan pada sebuah penginapan saat hujan deras. Tipikal jenis kasus pembunuhan cerita-cerita misteri/detektif gitu. Dan mirip ama Mansion’s Death Game nya Decade, serial ini diisi ama karakter-karakter Kamen Rider yang comeback.

Rider Time: Kamen Rider Shinobi. (Alternatif Timeline) Jadi mini seri dengan 3 episode ini pada dasarnya bersetting di tahun 2022. Yang berarti barengan ama timeline nya Revice. Jadi aku masukan disini aja. Anggap aja dunia parallelnya. Kalau Revice dunia dipenuhi iblis, di mini seri ini dunia dipenuhi oleh ninja. 😀

Kamen Rider Saber: Trio of Deep Sin. V-Cinext ini menurutku adalah movie proper buat Saber. Punya cerita yang cenderung gelap dengan cinematografi yang mendukung. Mengangkat tema Collateral Damage atau korban dan kerugian yang diterima lingkungan saat para pahlawan tengah bertarung yang sangat jarang diangkat dalam kisah Kamen Rider umumnya. Bersetting 8 tahun setelah serialnya. Yang berarti tahun 2029. Dan akhirnya si Espada dapet form upgrade. Malam di Arab.

Ok, sampai disini dulu. Nanti kalau nambah lagi bakalan ku update di sini. Ntar kalo udah nambah 2 Rider lagi baru pindah halaman. Hehehe…

Sampai jumpa lagi Bye!

One thought on “Linimasa Film Kamen Rider era Reiwa plus Zi-O (Update 30 Mei 22)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.