Urutan Film & Serial TV MCU Berdasar Linimasanya (update 14 Jul 21)

Karena Disney & Marvel sudah memutuskan untuk membuat TV seri yang benar-benar ‘menyambung’ dalam MCU, dan membantah serial-serial TV lainnya sebagai Canon dalam MCU, maka kali ini aku mau nulis tentang urutan film & seri MCU yang baru. Dan potensi dunia parallelnya. Karena kini MCU sudah mulai merambah ranah Multiverse.

Dan sekalian aku bakalan kasih cerita singkat tentang film atau serial yang bersangkutan, dan hal-hal penting yang terhubung dengan film atau serial yang lain. Jadi ada kemungkinan akan jadi spoiler buat beberapa orang. Ini peringatannya, ya.

Oke, kalau begitu langsung saja kita mulai. Perhatian! Ini akan jadi tulisan yang panjang pake banget.

1943–1945

The First Avenger

Film ini berlatar pada saat perang dunia kedua. Berkisah tentang asal muasal Steve Roger mendapat kekuatannya. Alias film Origin Captain America.

Selain Steve, film ini juga memperkenalkan tokoh James Buchanan Barnes, alias Bucky, yang akan berperan penting dalam film Captain America selanjutnya. Dan Peggy Carter, serta Howard Stark. Bapaknya Tony.

1946

Agent Carter (TV Series & One Shot)

Serial Agent Carter season 1 yang punya total 8 episode ini bercerita tentang Peggy Carter setelah kehilangan Steve. Setahun setelah kejadian di film Captain America pertama. Serial ditutup dengan bagaimana ia merelakan orang yang dicintainya.

Di serial ini juga kembali muncul si Howard Stark muda, dan penampakan pertama kalinya Jarvis si Buttler yang jadi model dasar dari A.I. milik Tony.

Kemudian setelah itu di sambung dengan One-Shot (Film pendek dengan durasi sekitar 15 menit-an) yang membawa pada pembentukan organisasi S.H.I.E.L.D mula-mula.

Sedang season 2 nya masih jadi perdebatan apakah Canon atau bukan. Karena adanya beberapa adegan yang tampaknya tidak konsisten dengan adegan di One-Shot nya. Tapi masih layak buat ditonton, kok. Petualangan 2 British, Peggy & Jarvis ini.

1995

Captain Marvel

Melompat jauh ke tahun 1995, film ini menceritakan bagaimana Carol Danvers memperoleh kekuatannya. Alias film Originnya Captain Marvel.

Di film ini juga memperkenalkan Nick Fury dan Phil Coulson untuk pertama kalinya dalam timeline MCU secara kronologi. Juga elemen lain seperti; Pembentukan Project Pegasus yang kembali muncul di film Avengers pertama, pengenalan species lain dari luar angkasa (Skrull & Kree), juga awal digagasnya rencana pembuatan kelompok Avengers.

Ga usah terlalu menghiraukan End Credit Scene nya. Karena adegan itu berada di antara film Infinity War dan Endgame.

2010

Iron Man

Lompat jauh lagi ke tahun 2010, film ini berkisah tentang alasan kenapa Tony Stark membuat Arc Reactor dan Pakaian Besi nya. Alias film Origin Iron Man.

Funfact : Pemeran Happy Hogan, si pengawal Tony yang terakhir muncul di film Far From Home nya Spider-Man itu diperankan oleh sutradara film Iron Man pertama dan kedua. (Jon Favreau)

2011

Iron Man 2

Kemudian disambung dengan film Iron Man kedua yang berjedah beberapa bulan setelah film pertamanya. Bercerita tentang kehidupan Tony yang esentrik.

Juga memperkenalkan si Natasha Romanoff, alias Black Widow ke dalam timeline MCU untuk pertama kalinya.

Di film ini juga untuk pertama kalinya pemeran si Rhodey alias War Machine yang kita kenal sampai film Endgame mulai muncul. (Don Cheadle) Menggantikan pemain dari film yang sebelumnya. (Terrence Howard)

The Incredible Hulk

Posisi film ini dalam timeline adalah berbarengan dan saling tumpang tindih dengan film Iron Man 2. Bercerita tentang pelarian Bruce Banner dari kejaran Jendral Thaddeus Ross, dan bagaimana ia belajar mengendalikan Hulk dalam dirinya.

Tidak sepenuhnya film origin-nya Hulk. Karena setting ceritanya sekitar sebulan setelah Bruce melakukan eksperimen radiasi Gamma yang merubahnya menjadi Hulk.

Infodump nya : Eksperimen yang dilakukan Bruce itu atas perintah Thaddeus Ross, dalam upayanya membuat ulang serum Super Soldier yang digunakan Steve.

A Funny Thing Happened on the Way to Thor’s Hammer (One Shot)

Kemudian dilanjut dengan film pendek yang menceritakan kejadian yang dialami Phil Coulson saat menuju ke Mexico setelah mendengar adanya palu aneh yang tidak bisa dipindahkan.

Film ini termasuk Side Story yang ga punya peran dalam pergerakan narasi besar MCU. Jadi dilewatin juga gapapa. Tapi tetap sangat menarik dan menghibur menonton hal sepele dari karakter sampingan. Rasanya jadi lebih menyatu dengan dunianya.

Thor

Posisi film ini juga berbarengan dan saling tumpang tindih dengan film Irom Man 2 dan The Incredible Hulk.

Bercerita tentang bagaimana Thor dibuang ke bumi dan tidak layak untuk mengangkat Palu Saktinya lagi. Sama seperti film Hulk, film ini tidak sepenuhnya film Origin. Karena Thor sudah seperti itu sejak lahir.

Mungkin lebih tepatnya film ini adalah pengenalan tokoh Thor dan penghuni Asgard pada umumnya, ke dalam timeline MCU. Termasuk Loki yang akan berperan besar dalam film The Avengers.

Di film ini juga menampilkan tokoh Clint Barton, alias Hawkeye untuk pertama kalinya dalam timeline MCU.

The Consultant (One Shot)

Kemudian dilanjut dengan film pendek ini. Yang bercerita tentang Phil Coulson dan Jasper Sitwell yang sedang ngobrol di restoran membahas alasan dan hasil akhir dari adegan setelah credit dalam film Hulk. Yang mana Tony Stark datang menawarkan sesuatu kepada Jendral Ross.

2012

The Avengers

Setahun setelah Nick Fury mempekerjakan Dr. Erik Selvig untuk meneliti Tesseract, muncul lah Loki dengan pasukannya. Berusaha untuk menginvasi New York. Merupakan film Crossover pertama.

Film ini memperkenalkan tokoh Maria Hill untuk pertama kalinya dalam timeline MCU. Dan secuil tentang Mad Titan Thanos.

Dan juga untuk pertama kalinya pemeran baru Bruce Banner alias Hulk yang kita kenal sampai film Endgame mulai muncul. (Mark Rufallo) Menggantikan pemeran sebelumnya. (Edward Norton)

Item 47 (One Shot)

Film pendek ini seolah menjadi perpanjangan dari situasi setelah kejadian di film The Avengers. Menceritakan tentang pasangan yang menemukan senjata dari Chitauri, dan menggunakannya untuk merampok Bank.

Iron Man 3

Bersetting di akhir tahun setelah kejadian di film The Avengers, film ketiganya Iron Man ini bercerita tentang Tony Stark yang mengalami PTSD setelah kejadian yang nyaris merenggut nyawanya di film Avengers sebelumnya.

Merupakan film pembuka dari Phase 2.

Dalam film ini diperkenalkan tokoh Mandarin pemimpin dari organisasi yang pernah menangkap Tony di film pertamanya, Ten Ring. Yang terungkap di akhir film adalah aktor bernama Trevor Slattery.

Juga diperkenalkannya bocah bernama Harley Keener yang nantinya bakalan muncul kembali jadi cameo di film Endgame. Entah setelahnya dia bakalan jadi tokoh penting dalam MCU atau tidak.

2013

All Hail the King (One Shot)

Film pendek ini bercerita tentang Trevor Slattery saat ia berada di dalam penjara, bersama Justin Hammer, antagonis di film Iron Man kedua. Yang kemudian diketahui bahwa Mandarin yang sebenarnya marah besar karena telah di palsukan olehnya.

Informasi ini nantinya akan mengarah pada film Shang Chi, yang akan menceritakan tentang The Mandarin yang sebenarnya.

The Dark World

Film Thor kedua ini dibuka dengan adegan tepat setelah akhir dari kejadian di film The Avengers. Bercerita tentang Convergence dan rencana balas dendam para Dark Elf.

Film ini juga memperkenalkan untuk pertama kalinya, Aether. Salah satu dari 6 Infinity Stones. Tepatnya Reality Stone. Yang kemudian di akhir film Lady Sif & Volstagg datang menemui The Colletor untuk menyerahkan Aether tersebut untuk disimpan.

—-

** Sebenarnya ada satu serial TV yang berjalan berbarengan dengan seluruh film dalam Phase 2 MCU. Yang mana mereka bertugas sebagai pelebaran sudut pandang dari situasi yang tengah terjadi dalam film-film tersebut. Entah itu berperan sebagai epilog dari sebuah kejadian, atau prolog dari sebuah film secara keseluruhan. Judulnya Agent of S.H.I.E.L.D. yang sayangnya dianggap tidak canon dalam MCU. So sad. 😦

—-

2014

The Winter Soldier

Film ini berjedah 1 tahun dari film Thor kedua. Bercerita tentang bagaimana Steve hidup dan beradaptasi dalam masa modern.

Dalam film ini diperkenapkan 2 tokoh baru yang merupakan Sidekick Captain America dalam versi komik. Ya, tidak baru semua, sih. Pertama adalah Sam Wilson, alias Falcon. Dan yang kedua adalah sahabat Steve yang hilang di film pertama. Bucky alias Winter Soldier.

Guardians of the Galaxy

Kemudian lini masa diisi dengan film ini. Yang bercerita tentang awal Peter Quill a.k.a Star Lord bertemu dengan Gamora, Drax, Rocket, dan Groot. Alias film origin dari Guardians of the Galaxy. Dan juga memperkenalkan salah satu dari 6 Infinity Stones. Power Stone.

Dalam film ini juga memperkenalkan tokoh Nebula yang kelak akan jadi karakter penting dalam film Endgame. Juga hubungannya dengan Gamora dan Thanos.

Lawan dalam film ini adalah Ronan yang sempat muncul di akhir-akhir film Captain Marvel.

Guardians of the Galaxy Vol. 2

Film kedua Guardians of the Galaxy ini hanya berselang beberapa bulan dari film pertamanya. Yang bercerita tentang ayah si Peter.

Di film ini juga diperkenalkan karakter baru bernama Mantis. Dan memperlihatkan pertumbuhan Groot di akhir film.

2015

Age of Ultron

Kembali ke bumi, film Crossover kedua ini bercerita tentang kecerdasan buatan Tony Stark yang akhirnya menjadi Sentien bernama Ultron karena efek dari salah satu Infinity Stones. Soul Stone.

Film ini memperkenalkan tokoh Wanda dan Pietro Maximoff, juga The Vision untuk pertama kalinya dalam timeline MCU.

Di akhir film, anggota baru pun direkrut masuk dalam Avengers, sebagai pengganti Thor yang balik ke luar angkasa, dan Hulk yang hilang entah kemana.

Ant-Man

Film penutup Phase kedua MCU ini berjedah beberapa bulan dari film Avengers kedua. Yang bercerita tentang bagaimana Scoot Lang bertemu dengan Hank Pym yang memberinya jaket pengecil tubuh. Alias film origin dari Ant-Man berikutnya. Karena kenyataannya, sosok Ant-Man sudah ada sejak sebelum Iron Man, dan bahkan sebelum Captain Marvel mendapat kekuatannya.

Film ini memperkenalkan Quantum Realm yang merupakan elemen penting dalam film Endgame nantinya.

2016

Civil War

Film Captain America ketiga ini bercerita tentang perseteruan antar anggota Avengers menanggapi aturan baru pemerintah yang mencoba mengendalikan aktifitas mereka. Yaitu Sokovia Accord. Yang berujung pada kebenaran dibalik matinya Howard Stark, dan memecah Avengers.

Film ini memperkenalkan tokoh Black Panther dan Spider-Man untuk pertama kalinya dalam timeline MCU sebelum nantinya mereka akan kembali dalam film mereka masing-masing.

Juga tokoh antagonis Helmut Zemo yang nantinya akan kembali di serial The Falcon and The Winter Soldier.

Kemudian film ini ditutup dengan tim Captain America yang menjadi buronan pemerintah.

Black Panther

Selang seminggu setelah kejadian di film Civil War, film pertama Black Panther pun dimulai. Bercerita tentang prosesi T’Challa menduduki tahta Wakanda setelah ayahnya T’Chaka meninggal di event Civil War sebelumnya.

Di film ini juga memunculkan karakter Ulysses Klaue yang sempat jadi cameo di film Avengers kedua.

Black Widow

Film solonya Natasha ini kemungkinan berbarengan dengan kejadian dalam film Civil War, setelah Tony memberi tahu Natasha bahwa Jendral Ross sedang mencarinya. Adegan setelah pertarungan di bandara udara.

Kemudian dilanjut beberapa minggu setelah film berakhir. Mungkin saat Steve berada di Wakanda bersama Bucky, namun sebelum End Credit Scenenya. Dimana Steve mendatangi The Raft untuk menyelamatkan Sam dan Wanda.

Bercerita tentang keluarganya, Red Room, dan Castle in the Sky. Film ini semacam Side Story nya si Natasha. Juga sebagai pengenalan tokoh Yelena Belova, yang katanya akan mewarisi nama dari Black Widow setelah si Romanoff, dan akan muncul kembali di serialnya Hawkeye.

Juga antagonis Task Master yang kabarnya bakalan muncul lagi menjadi salah satu anggota dari Thunderbolt. Semacam Sucide Squad nya Marvel.

Homecoming

Meski pembukaan film ini berada sebelum dan setelah kejadian di Airport dalam film Civil War, tapi sebagaian besar ceritanya mengambil setting di dua bulan setelah Civil War.

Film Spider-Man pertama dalam MCU ini bercerita tentang kehidupan sehari-sehari Peter Parker dalam menjalani masa pelatihannya di bawah awasan Tony Stark.

Di film ini juga memperkenalkan tokoh antagonis Vulture dan Shocker.

Doctor Strange 

Lini masa dalam film ini punya rentang waktu yang cukup panjang. Antara tahun 2016 sampai 2017. Bahkan awalan film ini berada sebelum even di film Civil War.

Semua itu karena ada cukup banyak time skip dalam film ini. Pertama setelah dia mengalami kecelakaan dan berusaha menjalani berbagai macam operasi untuk menyembuhkan tangannya, dan kedua setelah dia mulai belajar di Kamar-Taj, Tibet.

Film ini bercerita tentang bagaimana seorang dokter bedah ahli, Steven Strange, mendapat kekuatan sihirnya. Alias film origin dari Doctor Strange.

Dalam film ini diperkenalkan lagi salah satu dari 6 Infinity Stones. Yaitu Time Stone. Yang disembunyikan dalam sebuah kalung yang disebut Eye of Agamoto.

Film ini juga membuka elemen baru dalam dunia MCU. Yaitu dunia sihir, dan kemungkinan dunia atau dimensi parallel. (Merujuk tentang Dark Dimension dan Mirror Dimension)

2017

Ragnarok

Setelah End Credit Scene dalam film Doctor Strange, film Thor ketiga pun dimulai. Berkisah tentang kakak perempuan Thor yang terlupakan, dan kehancuran Asgard.

Keberadaan Hulk yang hilang setelah film Avengers kedua pun, akhirnya dijelaskan dalam film ini. Bersamaan dengan diperkenalkannya tokoh Valkyrei untuk pertama kalinya dalam timeline MCU.

End Credit Scene film ini berfungsi sebagai prolog dari film Avengers ketiga. Yaitu Infinity War.

2018

Ant-Man and the Wasp

Film kedua dari Ant-Man ini berselang 2 tahun setelah film Civil War, dan berada beberapa minggu sebelum film Infinity War. Karena pada End Credit Scene film ini ditunjukan dampak dari Thanos Snap, atau yang disebut dengan The Blip.

Film ini bercerita tentang penyelamatan Janet Van Dyne, ibu dari Hope Van Dyne yang berada dalam Quantum Realm. Disamping juga menjelaskan keadaan Scoot Lang setelah kejadian di film Civil War. Yang mana ia mendapat masa percobaan sebagai tahanan rumah selama 2 tahun. Ini juga berlaku pada Clint yang ditunjukan pada pembukaan film Endgame.

Dalam film ini juga menunjukan penampakan Wasp yang baru untuk pertama kalinya di timeline MCU.

Juga tokoh antagonis Ghost yang rumornya juga bakal kembali sebagai anggota dari Thunderbolt.

Infinity War

Film ini dimulai tepat setelah End Credit Scene dari film ketiganya Thor. Kemudian dilanjut ketika Bruce Banner tiba di bumi. Yang kebetulan jatuh tepat di Sanctum Sanctorumnya Dr. Strange.

Dan setelah itu Avengers, kecuali Iron Man dan Hawkeye pun berkumpul kembali untuk mempertahankan Infinity Stone milik Vision dari Thanos. Dibantu anggota baru Avengers dan pasukan Wakanda.

Sementara itu Tony Stark terdampar di luar angkasa, dan Clint Burton menikmati masa pensiunnya bersama keluarga.

Film ini adalah film Crossover keempat dalam MCU (Yang ketiga adalah Civil War), yang juga merupakan Crossover pertama yang mengikut sertakan Guardians of the Galaxy.

Film ini berujung pada Thanos yang berhasil mengumpulkan 6 Infinity Stones, dan menghapus setengah mahluk hidup dari seluruh jagat raya.

2023

Endgame

Meski film ini dimulai beberapa waktu setelah film Infinity Wars, namun sebagian besar film ini bersetting di 5 tahun setelahnya.

Film Crossover kelima ini mengusung tema time travel yang berdasar dari Quantum Realm. Dan berpotensi membuka Multiverse dan dunia paralel dalam MCU.

Dimulai dari kembalinya Scoot Lang dari Quantum Realm, Avengers pun memutuskan untuk kembali ke masa lalu demi mengumpulkan Infinity Stone yang baru. Yang berujung pada perubahan drastis timeline di masa lalu.

Yang jelas-jelas adalah; Tahun 2012, dimana Loki berhasil melarikan diri menggunakan Tesseract. Kemudian tahun 2014, dimana Thanos dan Gamora menuju ke masa depan. Dan sisanya samar-samar.

Banyak karakter lama balik lagi dalam film ini sebagai cameo. Namun yang menjadi perhatian dan kemungkinan besar tidak disadari oleh penonton casual adalah; tokoh Jarvis dari serial Agent Carter. Yang muncul bersama Howard di tahun 1970.

Kemudian film ditutup dengan damai, tanpa mengungkit betapa kacaunya situasi di alam semesta saat setengah populasi muncul kembali dengan begitu saja.

Loki Season 1 (TV Series) 2012 Alter Timeline

Serial dengan total 6 episode ini bisa ditonton di urutan mana saja asal sebelum film Docotor Strange yang kedua. Karena akhir cerita serial ini berhubungan secara langsung dengan cerita dalam film In Multiverse of Madness tersebut. Tentang menggilanya linimasa paralel.

Bersetting di dunia paralel, serial ini bercerita tentang petualangan Loki yang berhasil kabur dari Avengers dengan Tesseract dalam film Endgame. Dimana kemudian ia ditangkap oleh TVA. (Time Variance Authority) Semacam polisi waktu anti dunia paralel. Yang memaksanya untuk membantu menangkap dirinya yang lain dari dunia paralel.

Serial ini memberi waktu untuk karakter Loki merefleksikan diri, bertumbuh, dan mengenal cinta.

Dan juga memperkenalkan karakter yang kelak akan muncul kembali di film Ant-Man ketiga, Quantumania.

WandaVision (TV Series)

Serial ini hanya berselang 3 minggu setelah pemakaman Tony Stark.

Disamping memberi gambaran akan masa lalu yang dialami si Wanda, yang tidak pernah kita lihat di film-film sebelumnya, serial ini juga secara official menyatakan bahwa dia adalah Scarlet Witch, yang selama ini tidak pernah disebut dalam film sama sekali.

Punya 9 episode, dengan gaya penuturan yang unik. Karena menggunakan Sit-Com dari berbagai dekade untuk menceritakan kisah sedih dan duka si Wanda atas kematian Vision.

Dalam serial ini hadir kembali karakter dari film-film sebelumnya seperti; Jimmy Woo, anggota FBI dari film Ant-Man, dan Darcy Lewis, sahabat Jane Foster dari film Thor yang kini sudah jadi doctor.

Juga memperkenalkan ulang Monica Rambeau, bocah perempuan, anak dari Maria sahabat Carol di film Captain Marvel, yang kini udah beranjak dewasa. Dan potensinya menjadi superhero Photon di film keduanya Captain Marvel.

Serial ini juga memberikan gambaran singkat kekacauan situasi saat puluhan orang tiba-tiba muncul kembali di berbagai tempat. (Dalam serial ini adalah situasi di Rumah Sakit)

2024

The Falcon and the Winter Soldier (TV Series)

Berjedah 6 bulan setelah film Endgame, serial ini menceritakan kehidupan Sam dan Bucky sepeninggalan Steve. Dan bagaimana proses Sam Wilson menerima Tameng dari Steve, yang sekaligus status sebagai Captain America yang baru.

Serial ini memperkenalkan karakter baru yaitu; U.S. Agent dan Contessa Valentina Allegra de Fontaine, alias Val. Yang muncul di End Credit Scene film Black Widow.

Dan juga menghadirkan karakter lama dari film Civil War seperti; Helmut Zemo atau dikenal sebagai Baron Zemo dan Ayo, anggota dari Dora Milaje yang membantu Bucky menghilangkan dampak dari pencucian otak Winter Soldier, saat dia berada di Wakanda setelah kejadian di film Civil War.

Disamping itu juga menceritakan keadaan Sharon Carter setelah kejadian di film Civil War. Dimana dia juga menjadi buronan pemerintah karena membantu Steve Roger melarikan Bucky.

Serial ini juga memberikan pandangan secara geopolitk dan sosial atas kejadian kembalinya setengah populasi dunia secara mendadak.

Far From Home

Film kedua dari Spider-Man dalam MCU ini berada 8 bulan setelah akhir dari film Endgame. Yang berarti hanya berjedah 2 bulan setelah serial The Falcon and The Winter Soldier.

Bercerita tentang darmawisata sekolah Peter Parker setelah ‘The Blip’ alias Thanos Snap. Yang berujung pada kekacauan.

Dalam film ini diperkenalkan karakter antagonis Quentin Beck, alias Mysterio yang ngakunya dari dunia paralel.

Kemudian film ditutup dengan terbongkarnya identitas Peter sebagai Spider-Man.

—-

Coming Soon Movies :

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (September 3, 2021)

Film ini akan bercerita tentang Sbang-Chi dan ayahnya The Mandarin.

Eternals (November 5, 2021)

Film ini akan bercerita tentang ras setengah dewa yang bernama Celestial.

No Way Home (December 17, 2021)

Film ketiga Spider-Man ini kabarnya akan menjadi kisah pembuka dari film Doctor Strange. Yang akan mengusung tema Multiverse. Atau pebih tepatnya Spiderverse kalau buat Spider-Man sih.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Love and Thunder

Wakanda Forever

The Marvels

Ant-Man and the Wasp: Quantumania

Guardians of the Galaxy Vol. 3

—-

Coming Soon TV Series

Ms. Marvel (Akhir tahun 2021)

Serial ini mungkin akan bercerita tentang bagaimana Kamala Khan mendapatkan kekuatannya. Alias cerita origin Ms. Marvel.

Hawkeye (Akhir tahun 2021)

Serial ini rencana akan menceritakan bagaimana Kate Bishop mewarisi nama Hawkeye dari Clint.

Moon Knight

She-Hulk

Secreat Invasion

Ironheart

Armor Wars

—-

Ada pun serial yang dianggap tidak canon dalam MCU untuk saat ini, (karena ada kemungkinan nantinya akan dianggap sebagai bagian dari Multiverse) adalah :

ABC TV Series :

Agent of S.H.I.E.L.D (7 musim)

Inhuman

Netflix Series :

Daredevil (3 musim)

Jessica Jones (3 musim)

Luke Cage (2 musim)

Iron Fist (2 musim)

The Defender

The Punisher (2 musim)

Young Adult Series :

Runaways (3 musim)

Cloak and Dagger (2 musim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.