Linimasa Film Kamen Rider era Heisei plus Super Sentai. (Phase 1)

Jadi di tulisan kali ini aku mo kasih semacam urutan ala aku untuk mengikuti kisah semua Special, Movie, dan Crossover Movie tanpa harus mengikuti semua serial TV nya. Yah paling nonton 1-2 eps dr keseluruhan 45-52 eps. Buat update kebingungan cerita sebelumnya beberapa karakter ajah.

Mungkin hal pertama yang dipertanyakan dari serial kamen rider Heisei adalah apakah mereka dalam satu linimasa yang sama? Jelas untuk generasi showa mereka ada dalam dunia yang sama. Dimana RX adalah seasson 2 nya Black. Ichigo dan Nigo lah yang menciptakan V3, dan Neo Shocker adalah dalang di balik Skyrider.

Sedang untuk era Heisei ada ketidak cocokan latar dunia di tiap kamen rider nya. Setidaknya di sepuluh tahun pertama nya. Sebelum film crossover jadi trend. Jadi apakah Rider era Heisei ada dalam 1 dunia yang sama? Jawabannya ngga. Tapi apakah mereka dalam 1 kronologi linimasa? Jawaban nya iya. Kalau bingung akan ku ceritain sebentar lagi.

Era Heisei punya 2 generasi dalam 20thn ini. Generasi pertamanya disebut Kamen Rider Heisei. Sedang selepas Decade mereka dikenal dengan sebutan Neo Heisei. Meski ada yang simple menyebut Heisei phase 1 dan Heisei phase 2

Serial pada generasi Heisei pertama atau phase 1 nya mereka cederung ada dalam dunia sendiri yang tidak pernah menyinggung adanya kamen rider yang lain atau bahkan tidak memiliki kesamaan sejarah dan latar belakang. Namun hal ini mulai berubah setelah serial Den-o dan kemudian Kiva, yang untuk pertama kali nya punya serial crossover. Dan kemudian munculah Kamen Rider multi dimensi, Decade. Yang akhirnya memulai trend film crossover antar kamen rider mirip ama film versus nya Super Sentai. Dan pada puncak trend nya adalah munculah film Taisen untuk pertama kali nya. Dimana crossover tidak hanya berlaku antar Kamen Rider tapi antar toku hero punya Toei.

=

Kemudian untuk permulaan sih semua movie Kamen Rider dari era Heisei ga terlihat nyambung dan bahkan beberapa ga terlihat canon (mengisahkan cerita alternatif, atau semacam what if story) yang mana urutannya adalah :

Agito the Movie – Project G4 : Menceriakan kelanjutan dari serial.

Ryuki Special – 13 Riders : Kisah alternatif yang memunculkan Kamen Rider Bunglon yang tidak pernah muncul dalam serial maupun movie nya.

Ryuki the Movie – Episode Final : Menceritakan alternatif ending yang lebih kelam dibanding serial nya.

Faiz the Movie – Paradise Lost : Menceritakan kisah alternatif bila Orphnoch berhasil menguasai dunia.

Blade the Movie – Missing Ace : Menceritakan kisah alternatif dimana Joker adalah Blade dan bukannya si Chalice.

Hibiki the Movie – Hibiki & Seven Senki : Menceritakan kisah Hibiki dimasa lalu sebelum organisasi Oni berdiri, juga merupakan prolog dari serialnya.

Kabuto the Movie – God Speed Love : Menceritakan kisah alternatif dimana meteor menghantam Shibuya dan membuat air laut habis menguap. Film ini masih dalam perdebatan apakah benar prolog dari serialnya atau bukan. Karena masih banyak hal-hal kecil yang tidak cocok dengan serialnya.

Dan setelah memasuki seial Den-O yang punya 5 movie dan juga Crossover untuk pertama kali, semua linimasa movie dan special episode serial Kamen Rider ini mulai perlahan menyambung satu dengan yang lainnya. Nah, maka dari itu aku akan mulai menuliskan urutan nontonnya berdasar dari linimasanya. Perhatian ini akan jadi tulisan yang sangat panjang dan sangat jelas mengandung spoiler. Dikit sih.

Den-O the Movie – I’m Born! : Mengisahkan tentang Den-O yang mencoba menghentikan Gaoh untuk merubah masa lalu.

[Special Final Episode] Rider Den-O Final Trilogy Special Edition : Special ini adalah rangkuman 3 eps akhir dari serial Den-O.

Den-O & Kiva – Climax Deka : Film crossover pertama era Heisei, menceritakan tentang detektif Den-O(?) Serial ini sebenernya ga di ikuti juga gpp, cuma buat ngenalin karakter Kiva aja bagi yang belum tau. (Asumsi kalau ga ngikuti serial nya Kiva)

Kiva the Movie – King of the Castle in the Demon World : Menceritakan tentang kisah alternatif dari serial nya. Karena banyak ketidak cocokan waktu dan cerita antara film ini dan serinya.

Den-O the Movie – Final Countdown : Mengisahkan cerita Den-O gede untuk terakhir kalinya. Setelah film ini, pemeran Den-O adalah Ryotaro versi kecil.

[Prolog] Episode 14-15 serial Kamen Rider Decade : Prolog film Onigashima Warship

Cho Kamen Rider Den-O & Decade Neo Generations: The Onigashima Warship : Menceritakan tentang Den-O dan Decade yang berusaha mencegah musuh mengacau masa lalu dengan Kapal Perang Onigashima.

Kamen Rider Decade: All Riders vs. Dai-Shocker : Menceritakan tentang masa lalu Decade.

[Prolog/Special Final Episode] Episode 30-31 serial Decade : Special episode terakhir Decade yang beda dari yang ditayangin di TV.

Kamen Rider × Kamen Rider W & Decade: Movie War 2010 : Film Crossover pertama di era Neo Heisei. Menceritakan tentang episode awal Kamen Rider Double dan episode penutupan Kamen Rider Decade.

Cho-Den-O Trilogy Episode Red – Zero no Star Twinkle : Side Story tentang si Zeronos.

Cho-Den-O Trilogy Episode Blue – The Dispatched Imagin is Newtral : Side Story tentang Den-O Strike alias si cucu dari masa depan.

Cho-Den-O Trilogy Episode Yellow – Treasure de End Pirates : Side Story tentang si Diend.

Karena masih banyak dan takutnya tulisan ini kepanjangan, jadi bersambung ke Hesei Phase 2 ya… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.