Komen Drakor : Rugal

Serial aksi Sci-fi saduran komik skrol alias Webtoon.

Ceritanya cukup bagus. Tapi sayang teknologi yang disebut-sebut di sinopsis sebagai nilai jualnya, hanya berupa gimik belaka.

Kita hanya dikasih teknologi itu sekitar 40% dari keseluruhan seri. karena cerita lebih berpusat pada karakter dan judul serinya. Yaitu organisasi Rugal.

Alur juga berjalan cukup pas di tiap eps nya. Ga bikin bosen juga ga terasa di panjang-panjangin. Meski banyak hal ga masuk akal mengenai teknologinya karena harus menyesuaikan plot cerita. Mirip-mirip serial Superheroes nya CW lah.

Solid action.
Koreografi tarungnya manteb.
Editing tarungnya juga manteb.

Baik jagoan ataupun lawan, kalau jatuh bisa otomatis Sleding terus berdiri lagi. Berasa Superhero.

Juga yang jadi perhatianku dalam serial ini adalah semua jagoannya punya badan bagus. Bahkan si cewek rambut pendeknya itu punya otot dan tendangan yang mantab.

Tapi heran kenapa di era modern orang-orang ga pake pistol buat menyerang atau membela diri? Semuanya petarung. Kaya game Side-Scroll Streets of Rage.

Jagoan dikepung 20 orang ga ada yang ngeluarin pistol sama sekali buat nembak, meski tau mereka kalah.
Pintu masuk dijaga sama 1 orang yang jago banget tarung, dan puluhan orang ga ada yang bisa ngalahin. Tetep ga ada yang ngeluarin pistol. Kan aneh, padahal mereka gembong kriminal besar. Masa yang punya pistol cuma satu?

Nilainya : 3.5/5

Potentially spoiler section.

Punya karakter yang cukup kuat dan menarik. Baik itu jagoan ataupun lawan. Meski ada juga karakter yang hadir untuk sekedar jadi pengerak plot.

Seperti peran si istri di akhir-akhir eps. Yang jelas banget ada hanya untuk pengerak plot doang. Karena semua tindakannya ga rasional sama sekali. Ga pingin suaminya down malah bunuh diri di depan mata.

Kalau pun karena si istri memang punya mental lemah dan mudah hilang akal, masa iya dia bisa bertahan hidup di luar pantauan polisi dan penjahat selama ini? Itu indikasi bahwa si istri adalah karakter penyintas. Dan tipe karakter seperti itu pasti memiliki mental dan semangat juang yang tinggi.

Juga ditambah si jagoan yang punya reflek menghindari peluru, harusnya meski tanpa aba-aba dari matanya, ia masih bisa ngejar gadis lemah yang lari pakai hak tinggi. Ya, tapi karena cuma mau bikin plot supaya jagoannya galau, jadilah adegan tidak masuk akal itu terjadi.

Dan karena hal itu, adegan selanjutnya, yang memperlihatkan dua orang tergeletak di bawah kelopak bunga sakura itu jadi kurang berdapak. Karena penyebabnya terlalu maksa.

Terus itu entah mau dibilang Misscast atau berani mencoba hal baru, tapi karakter musuh yang cewek itu ga punya fiture wajah dan ekspresi yang biasa ada di karakter musuh. Itu cewek cocoknya jadi jagoan di serial romance. Kalau lagi marah sama orang yang barusan nampar dia, kaya lagi marah ama pacar karena ga telpon seharian.

Tapi karena itu dia berhasil mencuri perhatianku. Karakter musuh berparas polos. Aku jadi penasaran bagaimana kisahnya hingga bisa sampai di posisi tersebut. Kayanya dia Mutant yang punya kekuatan keberuntungan kaya si Domino.

Open ending, ditambah saduran dari webtoon, jadi kemungkinan besarnya bakal dibuat season lanjutan. Aku sih berharap dilanjut. Karena meski serial ini sedikit komikal, tapi cukup menghibur.

Serial ini juga seolah kasih unjuk bagaimana media berpengaruh terhadap penilaian masyarakat. Dan secara tidak langsung seolah mengkritik orang-orang tidak cerdas dalam menerima berita dan informasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.