Komen Drakor : The King : Eternal Monarch

Masih dengan tema Dunia Paralel yang kali ini berdasar dari sihir atau fenomena goib alam, dengan balutan Romcom ditambah misteri-misteri dikit. Aku ga mengikut sertakan bagian Time Travel nya karena bagian yang itu busuk.

Serial dengan 16 eps ini punya visual yang cantik, dengan vibran warna yang terlihat pop up.

Tehnik pengambilan gambarnya pun keren. Punya beberapa adegan One-Take yang cukup panjang. Kemudian setting saat di luar kehidupan sehari-harinya (Di luar set rumah, cafe, jalan umum, dan hotel) juga terkesan Granded. Berasa film layar lebar.

Hanya saja yang sempat bikin rada mengganggu itu adalah perpindahan antar dunianya yang tidak di tandai. Dunia si ganteng dan si cantik nya ga ada tandanya.

Dan masalahnya di awal eps, perpindahan antar dunia itu tidak terjadi satu-dua kali saja. Namun bolak-balik yang bikin jadi bingung. Mungkin penandanya adalah landscape kota. Tapi bagi yang ga familier sama kota-kota di korea sana akan kesulitan buat membedakannya.

Mungkin maksudnya supaya mendapatkan sensasi misterius dengan keambiguan dari ketidak tahuan penonton akan dunia tempat event terjadi. Tapi tone ceritanya diset dengan gaya komedi romantis. Terus apa perlunya sensasi misterius?

Pada dasarnya serial ini adalah cerita klasik Si Kaya dan Si Miskin yang di padu dengan sedikit intrik politik terus dikasih gimik Dunia Paralel. Jadi ya intinya cerita cinta.

Punya karakter yang ditulis dan dibawakan dengan bagus. Dan juga memberikan beberapa karakter pembantu sorotan, meski sedikit. But I appreciate that.

Tapi endingnya aku kurang suka. Berasa kaya bikin cerita bagus terus karena ga bisa bikin hepi ending, dihapus gitu aja dan diganti ama cerita lain di 3 eps terakhirnya.

Karena pada dasarnya serial ini punya plot cerita yang solid dan konsisten di 13 eps awal, meski itu tentang perjalanan waktu. Lalu tiba-tiba jadi kacau. Dan itu juga masih ga kasih jawaban akhirnya mereka menikah atau pacaran terus sampe kiamat! ಠ_ಠ

Tapi terlepas dari plot cerita, adegan-adegannya tetep bagus dan mengelitik esmosi. Terutama yang bagian lompat-lompat Dunia Paralel itu. Aku suka.

Nilainya : 3.8/5

Potentially Spoiler Section

Terus kisah tentang anak dari dunia paralel dengan ibunya yang mengharu biru itu jadi lenyap begitu saja, demi supaya si karakter cewek yang satunya ga jadi mati, dan hepi ending.

Entah itu karena orang SBS nya merasa terlalu menyedihkan dan minta buat cerita dirubah, atau itu memang cara yang dilakukan penulis agar plot cerita ga bisa ditebak endingnya.

Boleh aja sih kalau emang dari awal rencanannya gitu. Tapi ya jangan muncul tiba-tiba dengan mengindahkan segala konsistensi yang udah di bangun. Dan bikin banyak sekali plot hole. Sangat disayangkan. 😦

Rant Section

Sekarang aku akan ngomongin soal ga konsistennya perjalanan waktu dalam serial ini.

Yang pertama adalah update ingatan dan munculnya arsip secara tiba-tiba. Ama tulisan yang muncul gitu aja ketika masa lalu dirubah. Menurutku itu merusak setting cerita waktu berulang yang sudah dibikin cukup bagus sebelumnya.

Harusnya update ingatan itu bisa dibikin bagian dari lingkaran waktu yang hanya terbuka setelah melewati kondisi tertentu. Efek dari si suling sakti. Jadi ga harus tiba-tiba muncul tulisan atau muncul arsip gitu. Kan bisa dibikin tulisannya sudah ada, terus pas ngelihat jadi keinget. Atau ga sengaja arsipnya ketemu, pas dengerin jadi keinget gitu.

Sangat disayangkan karena sampai eps 13 serial ini ga cuma punya roman dan intrik politik yang bagus, tapi juga konsep waktu dan dunia paralel yang konsisten. 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.