My Comment About Spider-Man Far From Home

Ini film Spider-Man pertama tanpa cameo Stan Lee. Ops spoiler. Sori.

images - 2019-07-03T225604.218.jpeg
Mysterio MCU version.
Mysterio-mysterio-30830854-598-517.jpg
Mysterio Comic version.

Udah nurunin ekspektasi karena musuh yang kali ini dipilih ajaib banget. Mysterio. Alias gimana mereka bakalan bikin ahli special efek Hollywood lawan bocah yang bisa ngimbangi Steve Roger dan punya baju setara Iron Man tanpa terlihat kayal kaya yang dikomik? Dan ternyata mereka sekali lagi mengejutkan ekspektasiku.

Astaga bibi May….

Film Spider-Man Far From Home yang merupakan film ke2 dari iterasi kisah Spider-Man dalam MCU ini adalah installment ke 23 dari rangkaian saga MCU yang juga adalah penutup dari fase ke 3 nya.

Film ini kaya kasih gambaran dunia setelah snap Thanos di undo. Bagaimana orang-orang yang jadi abu itu balik lagi setelah 5 tahun kemudian tanpa sadar. Bagaimana mereka hidup dalam kehidupan sosial. Dan bagaimana dunia saat Superhero mereka pada ilang.

Genre film ini masih sama kaya film seri 1 nya yaitu Superhero dengan gimik Teenage Drama. Dan menurutku pribadi sih genre kaya gini adalah cara yang efektif buat ngilang kejenuhan akan genre-genre Superhero belakangan. (Tapi jangan di paksa seimbang antara drama remaja ama aksinya. Jadinya ngambang kaya film Bumble Bee nanti)

images - 2019-07-03T222422.502.jpeg
Black Suit Spider-Man MCU.
Tumblr_mdetttBq8j1qzkt5ho1_1280.jpg
Spider-Man Noir comic.

Film ini penuh humor-humor ringan dan menghibur, (aku sampe ketawa pake suara) plus aksi yang spektakuler tipikal MCU. Yah, meski kaya gimana pun juga aksi Spider-Man itu emang selalu mantab sih di semua platform media. Bias!

Punya cerita yang cukup sederhana, yaitu trip remaja ke eropa terus pas mau ena-ena malah kena masalah. Penulisan karakter lawanpun juga bagus menurutku. Lebih keliatan nyata, kaya lebih masuk akal gitu. Masih sama sih kaya si Vuture di seri satunya, masa lalu si Quentin Beck ini juga di Retcon dari film MCU lama. Meskipun ga luput dari plot hole dan hal yang bikin ngernyitin dahi.

Oh dan satu lagi, itu karakternya Zendeya jauh lebih bagus sekarang ketimbang di seri satunya. Meski aku sampai saat ini masih ga tau dia itu perannya mau jadi siapa sih? MJ ato MG? (eh ntar tau-tau dia jadi Cindy Moon lagi. Hehehe…) yang jelas sih dia jadi love interest nya Peter. Meski kaya dipaksain gitu. Soalnya kita ga dikasih tau gimana bisa tiba-tiba Peter jadi suka ama cewek itu. Kan dulu dia ngejar-ngejar Liz Allen. Terus abis itu ngejar-ngejar penyihir yang di culik ama Space Squidward. Eh tau-tau sekarang Peter ngejar-ngejar si Michelle ini.

0f00b3ff61f9a49aab90a89ec5251952.jpg
Zendaya as Michelle something.
images - 2019-07-04T001044.174.jpeg
Michele Gonzales (Earth-616)

MacGuffin di film ini (asik bahasa ku MacGuffin….) ga jauh-jauh dari film di seri satunya. Masih tentang Tony dan luv yu tri tausen nya. Yah, tapi emang itu beban yang harus Spider-Man terima kalo pengen jadi bagian dari MCU.

Terus buat penggemar Marvel komiknya pasti bakalan senyum-senyum angkat alis karena film ini punya banyak referensi dari MCU dan easter egg dari komik nya. Ditambah mereka coba ‘balikin‘ keberadaan Spider-sense yang selama ini ga pernah keliatan ‘berfungsi‘ di film-film sebelumnya.

Jadi overall film ini cocok banget buat tontonan keluarga. Cuma yang disayangkan itu selain sudah ga ada Karen si Suit Lady, juga soundtrack Spider-Man yang dari seri kartun taun 90an yang ikonik itu, ga terdengar sama sekali disini. Diganti ama musiknya Iron Man ato Avengers gitu kalo ga salah. Aku lupa. Ga memorable sih musiknya :p

Nah udah. Setelah ini ku mau tulis hal yang mengandung spoiler.

Jadi bagi yang ga mau dispoileri. Udah ga usah diterusin baca. Meski tulisan nya bakalan ngebahas hal menarik tentang multiverse, after credit scenes, dan teori sotoy ku tentang karakter-karakted dalam film ini kedepannya.

Ok, aku sudah peringatkan yak?

Baiklah kita lanjut,

.

Jadi di endingan film ini ada beberapa adegan yang bakalan bikin semua penggemar komik Spider-Man ato Marvel bakalan jadi liar.

Yang pertama adalah munculnya JJJ dan Daily Bugle di dunia MCU. Yang mana pemain si John Jonah Jameson ini adalah orang yang sama ama yang main di film trilogy Spider-Man nya Sam Raimi. Alias si J.K. Simmons. Munculin Daily Bugle nya juga bagus menurutku. Menjadikannya web berita dan bukannya sebuah perusahaan koran yang besar. Jadi masuk akal kenapa selama ini kita ga pernah denger tentang Daily Bugle di sejarah MCU.

J Jonah J in Raimi’s Trilogy Spider-Man

Yang kedua adalah terungkapnya identitas Peter Parker. Yang mana ini bisa menuntun kita ke film Sinister Six tapi pake gaya Dark Reigh alias Dark Avengers, karena Spider-Man dianggap penjahat. Ato bisa jadi itu cuma gimik aja, terus di film Dr. Strange 2 orang-orang bakal dibuat lupa kalo Spider-Man itu Peter Parker kaya kisah One More Day yang sama Mephisto itu. Ato bisa jadi dibiarin aja. Toh semua Superhero MCU ga pernah pake topeng. (kecuali Daredevil) Itu kalo di komik identitas Peter itu bocor ke publik pas event nya Civil War.

Dark Avengers.

Yang ketiga adalah Talos si Skrull humoris dan baik hati itu balik buat gantiin posisi Nick Fury. Ini bisa berujung ama crossevent nya Secret Invasion, ato dengan posisi Fury yang ada di semacam Space Station itu kemungkinan besar dia sedang bikin S.W.O.R.D. Ya, aku ga salah tulis. Di dunia Marvel itu ada S.H.I.E.L.D ama S.W.O.R.D. bahkan ada S.P.E.A.R. lalu A.R.M.O.R terus W.A.N.D dan iya, itu singkatan juga. Dan iya itu nama organisasi semua.

Kemudian yang ke empat diluar credit scenes adalah sangat di sayangkan bahwa Multiverse cuma gimik doang. Alias kaya Mandarin di Iron Man tiga. Tapi sejatinya yang disebut si Mysterio dengan earth 616 dan earth 833 itu adalah Multiverse di komiknya, dimana 616 itu adalah dunianya Spider-Man komik yang paling aktif, dan 833 itu dunianya Spider-UK alias Spider-Man dari inggris.

Spider Multiverse
Spider-UK from Earth 833.

Terus yang ke lima yang membuatku paling annoying itu adalah, semua orang yang jadi debu itu pas balik hidup lagi munculnya ditempat yang sama saat mereka ilang dari 5 tahun yang lalu. Yang bikin horror kalo dipikir-pikir.

Jadi kaya gini mungkin kejadian pertama saat Banner menjentikan jarinya buat undo snap nya Thanos;

Akan ada banyak orang yang tiba-tiba berjatuhan dari langit. Terus jalanan jadi kacau karena banyak potongan tubuh berserakan. Belum lagi kereta bawah tanah yang bakalan bermandi darah dengan sisa-sisa bagian tubuh manusia mengegerkan penumpang begitu berhenti di stasiun. Dunia langsung jadi kaya film horror secara mendadak. Belum lagi yang tengelam ditengah lautan.

Tapi yang rada untung dari semua itu adalah orang yang muncul di kamarnya saat suami ato istrinya yang udah muvon alias kawin lagi sedang ML ama pasangan barunya.

Mending jomblo aja klo gitu… 😥

NB : Pasti setelah ini bakalan ada DLC ato MOD kostum Spider-Man pake topeng opera bawa rangsel di game ps4 nya :v

Btw ini ku kasih bonus list cewek yang pernah di cium Peter di komiknya. Merespon dari adegan ciuman malu-malu mau Peter di jembatan layang (untung ga naik Mio)

1. Betty Brant alias cewek yang jadi pacar sementaranya Ned.

2. Gwen Stacy

3. Mary Jean Watson

4. Felicia alias Black Cat

5. Silver Sable (yang mana bentar lagi Sony mau bikin film Silver & Black)

6. Michele Gonzales

7. Cindy Moon alias Silk

8. Bahkan Black Widow

9. Juga si Bobbi alias Mockingbird

10. Lanjut Tandy si Dagger

11. Sue Strom alias Jessica Alba ato Kate Mara

12. Kitty Pryde alias si Ellen Page

13. Sampe si Jean Grey juga dibabat (Peter ga ada takut-takutnya ama Logan, ama Scott, ama Charles)

Udahlah. Padahal masih banyak sih, tapi kalo diterusin juga percumah, pasti ga bakalan tau siapa-siapanya. :v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.