Avengers : Endgame

Mereka memunculkan hampir semua karakter dalam MCU, bahkan si Jarvis dari serial Agent Carter, tapi ga sekedar jadi kameo yang dipaksakan ada. Its just wow!

Peringatan Tulisan ini akan 3000% Spoiler!

Film penutup perjalanan 6 karakter Avengers Original ini, merupakan film komik yang paling epic yang pernah ku tonton. Film ke 22 dari keseluruhan film MCU ini mengambil sub genre yang baru aja dicetuskan oleh si Ant-Man, yaitu : Time Heist.

Berkisah tentang membalaskan dendam dan memperbaiki keadaan setelah kejadian snap finger nya Thanos di film sebelumnya. Film punya durasi 3 jam namun ga bikin aku bosen nontonnya. Fase berjalan cepet dan seakan dijejalkan di awal film. Tau-tau ada si Capt Marvel, tau-tau Nebula dan Roket bisa tau posisi Thanos, tau-tau udah nyamper, tau-tau Thanos nya mati. Sampe ga bisa nafas nontonnya.

Namun dengan semua plot cerita yang generik itu berada di 15 menit pertama, jadi bikin aku exciting : ‘terus gimana mereka bisa balikin yang mati?’ Dan kemudian muncul tulisan 5 tahun kemudian. Time skip yang harus nya sudah ku antisipasi ini tetep bisa bikin aku kaget karena penempatannya setelah Thanos mati. Mantap sekali.

Dalam jedah waktu tersebut tampak si Nat gantiin posisi Fury ngatur-ngatur di kantor. Steve jadi motivator kaya sahabat super. Si Hawkeye jadi Ronin karena keluarganya jadi debu. Danvers, Nebula, ama Roket jadi semacam Lantern Corp. Banner jadi Prof Hulk, Tony jadi nikah terus punya anak. Mungkin Wong datang ke pernikahannya. Terus yang ultimate adalah si Thor jadi Santa Nicolas Odinson.

Dan kemudian si Scott yang terjebak di Quantum Realm sebelum kejadian Snap itu akhirnya bisa kembali. Karena siapa? Karena seekor tikus. Dan menurut konspirasi teory ku, tikus itu adalah penjelmaan Micky. Jadi itu seperti ngasih tau kalau Disney lah penyelamat Marvel.

Dan di babak ke2 nya film mulai memasuki genre Time Heist yang digadang-gadang tidak akan stereotype ama film Time Travel umumnya. Yang nyatanya sama aja. Film diisi ama adegan Tony stalker Tony ala Back To the Future, Steve lawan Steve ala Predestination, terus Nebula ngebunuh Nebula ala Looper. Tapi karena dari awal mereka bilang bahwa teori Time Paradox yang mereka pakai adalah dunia parallel, jadi jelas Nebula tua ngebunuh Nebula muda ga akan bikin Nebula tua ilang, apalagi bikin dia jadi sakti kaya di film The One nya Jet Lee. Yang terjadi adalah IP dari Komputer di kepala Nebula langsung konflik begitu ada 2 dia dalam 1 linimasa. Udah cuma itu.

Dan mengindahkan semua plot hole di babak ke 2, babak ke 3 nya adalah master piece. Epic. Adegan pertarungan antara the Big Three lawan Thanos yang meski ga pake gauntlet aja udah sakti abis. Sampai kemudian adegan ‘on your left’ muncul. Jadi dari seluruh adegan sedih di film ini, aku beneran nangis malah saat ngeliat adegan ini. Entah kenapa emosional banget ngeliat nya. Tapi langsung dibuyarkan ama orang yang teriak-teriak ‘Nippon Pain’. 😦

Adegan yang mirip kaya 2 halaman komik dijejer ini dipenuhi easter egg dan fan service. Mulai dari duet aksi pasutri Ironman dan Rescue, A-Force dadakan yang bikin Spiderman keliatan kaya karakter dari Anime Harem, sampai adegan rebutan gauntlet antara the big three ama Thanos sebelum akhir Tony yang mencentikan jari. The best! I love you 3000 bro Russo.

Dan kemudian film ditutup dengan kematian dan masa pensiun yang apik. Jelas film ini adalah film penutup 3 fase yang menurutku sukses. (meski katanya Spiderman Far From Home lah yang bakalan jadi penutup fase 3) Mungkin belum bakalan ada film serupa yang akan ngejar pencapaian ini. Setidaknya dalam dekade kedepan. Dan ga hanya jadi penutup yang memuaskan, tapi mereka bisa kasih benih cerita dan konflik baru kedepannya. Ga sabar buat ngeliat serial-serial TV nya berdampak ama event snapping dan leftover 5 tahun sebelum event Engame. Juga merupakan cameo film Stand Lee yang terakhir. 😥

Yang ku harap akan hadir di MCU mendatang adalah :

  • Asgardians of Galaxy dimana Thor berhadapan ama Adam Warlock
  • Young Avengers dimana potensial anggotanya adalah 3 anak gadis Avengers tua. Anak nya Scott, anak nya Barton, ama anak nya Stark (bukan Sansa ato Arya ya)
  • Cross-events AvX alias Avengers vs X-Men (Please make it Happen Disney)

Udah. Berikut ku mau nulis tentang plot holes Time Travel dan teori kemungkinannya. Jadi yang ini ga dibaca juga ga apa-apa. Hehehe…

Yang jadi plot hole dari kesuluruhan film ini adalah ketidak konsistenan teori waktu yang ada. Seperti halnya kakek Steve. Harus nya dia ga pernah bisa ada dalam linimasa utama ini.

Jadi kalau menurut teori mereka sendiri, perubahan waktu tidak akan mempengaruhi masa depan melainkan membentuk dunia parallel, maka seharusnya Steve tinggal di masa lalu dunia Steve yang lain. Bukan masa lalu nya sendiri. Peggy Carter yang dinikahi nya (asumsi) itu juga bukan Peggy Carter dari film Capt America First Avengers atau dari serial Agent Carter. Wow, blowing mind kan? Hehehe… Lalu bagaimana bisa muncul old man Steve. Menurut asumsi ku, old man Steve sebenernya ga menghabiskan hidupnya di linimasa utama, tapi kembali dari linimasa dunia yang lain ke linimasa utama atau linimasa film Endgame ini saat si Hulk ngebalikin pake alat yang kayanya gagal itu. Kemungkinan Steve balik cuma dia ga muncul tepat di atas alatnya. Atau kecepetan dateng, terus nungguin di kursi dipinggir danau karena lelah udah tua. Juga dengan tameng yang diserahkan ke Sam, itu adalah tamengnya dari dunia dimana dia tinggal. Karena di linimasa utama ini, tameng nya udah rusak. Dan pas berangkat dia cuma bawa koper ama Mljonir aja. Lalu yang jadi pertanyaan setelah itu adalah, apakah Steve yang sedang tidur di es yang seharusnya barengan ama tamengnya itu ketemu dan dibangunin? Terus apakah ada 2 Capt America dalam 1 dunia? Apakah yang satu jadi Nomad ato jadi Agent of Hydra? Apakah Steve yang 1 mati terus tamengnya dipake? Ato tameng nya dicolong buat oleh-oleh Sam supaya ga sedih? Ku rasa itu bakalan jadi misteri untuk selamanya.

Jadi kedepannya ga bakalan ada lagi yang namanya MCU. Nanti ada nya MCM. Marvel Cinematic Multiverse. Karena ga cuma ada Earth-199999, tapi Earth-200000 dan seterus nya. Yang isi nya linimasa dimana Loki berhasil kabur. Linimasa dimana Thanos ilang kemasa depan dan ga pernah balik. Linimasa dimana X-men tinggal. 🙂

Itu belum seberapa karena masih dipertanyakan apakah bebatuan infinit itu beneran dikembaliin sama Steve? Kalau iya terus gimana cara Steve ngembaliin Soul Stone ketempat asalnya? Apakah setelah dikembaliin si Nat hidup lagi kaya nebus barang dari pegadaian? Kalau ga dikembaliin dimana dia sembunyiin? Kalau sampe ketemu orang?

Juga gimana cara dia balikin Aether ke tubuh Jane? Masa harus disuntikin lagi? Terus kalau kedapetan Jane ga punya Aether dalam tubuhnya, berarti si Frigga ga jadi mati? Hal itu juga berpeluang menimbulkan linimasa yang berbeda lagi.

Tapi hal baiknya adalah, dengan begitu mereka bisa membenarkan serial-serial mereka yang tampak tidak konsisten dengan linimasa utama sebagai bagian dari linimasa parallel. Ya, aku ngomongin kamu Inhumans. kamu.

Plus tebakan ku, itu gempa bawah laut yang di laporkan ama Okoye ada kemungkinan adalah Atlantis nya Namor. Yes, kita lebih dekat lagi dengan film live action The Little Mermaid!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.