Kisah Gaban generasi milenial (update Sept’18)

Berhubung dengan adanya film tokusatsu punya Toei berjudul Space Squad yang konon kabar nya akan jadi semacam crossover Avengers ala Guardian of Galaxy nya Toei Universe, maka aku mo nulis tentang salah satu dari jagoan film ini. Yaitu Metal Hero Uchuu Keiji Gavan. Atau sering dikenal dengan sebutan Gaban. Serial tokusatsu legenda tahun 80an awal ini sukses di hidupkan kembali dengan menurunkannya ke generasi yang lebih muda melewati film, crossover, dan cameo.

Nah karena itu, agar supaya mudah mengerti kisah perjalanan si Gaban muda ini, maka aku mo tulis film-film apa aja yang mengisahkan tentang dia dan bagaimana serial lawas ini dibawa kembali ke dunia modern dan pas dengan kisah yang sedang berjalan. Aku coba buat kasih info inti dan sebisa mungkin ngga kasih spoiler. Tapi siapa tau informasinya termasuk sebagai spoiler buat sebagian pembaca, jadi aku peringatkan terlebih dahulu.

Oke kita lanjut.

Dan hal yang paling masuk akal memunculkan kembali sheriff luar angkasa kedalam universe ini adalah dengan mempertemukannya dengan bandit luar angkasa. Maka kemunculan pertama karakter Gaban ini adalah dalam film crossover.

Kaizoku Sentai Gokaiger vs. Uchuu Keiji Gavan: The Movie

Film crossover dengan Super Sentai Gokaiger. Dengan memunculkan kembali pemeran Gaban asli (yang Retsu Ichijouji. Gaban era 80an) film ini bercerita tentang bagaimana Super Sentai Gokaiger bisa berhadapan dengan Space Police Gavan. Yang kemudian disamping mengisahkan tentang Gokaiger, film ini juga seperti menceritakan karakter Gavan diwaktu setelah serial nya (serial TV 80an) selesai. Dan terungkap Retsu pernah menolong Gokai merah a.k.a Captain Marvelous pada saat dia masih kecil.

Retsu Ichijouji 1982

Retsu Ichijouji 2012

Nah setelah memperkenalkan Gaban tua pada penonton muda, barulah diperkenalkan Gaban baru melalui film

Uchuu Keiji Gavan: The Movie

Film ini menceritakan tentang asal muasal Geki Jumonji menjadi Gaban baru (Gavan Type-G) Dalam film ini juga diperkenalkan Sharivan dan Shaider generasi baru. Yang kemudian setelah nya dibuatlah spin-off film mereka sebagai pendukung perluasan universe Space Police yang baru ini.

Gaban 2 generasi

Kemudian setelah memperkenalkan Gaban muda kedalam universe ini, saat nya memperkenalkan Gaban muda ke karakter yang lain. Dimulai dengan muncul sebagai bintang tamu pada episode 31 & 32 serial Tokumei Sentai Go-Busters. Yang kemudian dilanjut ke film crossover

Gaban & Go-Busters

Kamen Rider × Super Sentai × Space Sheriff: Super Hero Taisen Z

Film crossover antara Kamen Rider Super Sentai dan Space Police. Bercerita tentang sihir yang mengancam alam semesta. Di film ini Gaban jadi karakter inti penggerak cerita. Disini juga dikisahkan kalau Retsu (Gaban lama) udah naik pangkat jadi komandan. Btw, ini adalah film Super Hero Taisen paling bagus menurut aku. Mengindahkan segi tema dan teori sihir geje ala film Super Sentai dan Kamen Rider nya 🙂

Komandan Retsu

Setelah pengenalan karakter Gaban ke nyaris kesemua karakter yang ada di 2 franchise super hero Toei, saat nya buat bikin cerita yang perpusar pada dunia Space Police ini.

Dimulai dengan spin-off Uchuu Keiji NEXT GENERATION yang meski mengisahkan tentang sepak terjang Sharivan dan Shaider, tapi tetap berpusar pada tokoh Gaban dan kasus yang di hadapi nya.

Gaban, Deka Merah & Kyurangers

Yang kemudian muncul sebagai bintang tamu di episode ke 18 serial Uchu Sentai Kyuranger. Lalu di lanjut dengan spin-off Girls in Trouble: Space Squad Episode Zero sebagai prolog dan pengenalan tokoh cewek sebelum memasuki cerita dalam film

Girls in Trouble: Space Squad Episode Zero

Uchuu Keiji Gavan vs. Tokusou Sentai Dekaranger

Film Crossover dengan Super Sentai Dekaranger. Film bertema polisi luar angkasa yang merupakan sebuah setup untuk film team up space di masa depan dengan Gaban sebagai pemimpinnya. Di sini juga diperlihatkan teaser di akhir film, siapa-siapa saja yang mungkin bakal di ajak Gaban buat jadi anggota Space Squad. (Ada Jiban, Janperson, B-Fighter, ama Super Sentai yang base nya luar angkasa macem Gingaman ama MegaRanger)

NB : Untuk yang bingung tentang cerita Dekaranger setelah cerita di serial nya bisa coba tonton dulu film Tokusou Sentai Dekaranger: 10 YEARS AFTER.

Uchu Sentai Kyuranger vs. Space Squad

Melanjut dari film crossover sebelumnya, kisah si Gaban ini dilanjut dengan pertemuannya sebagai pemimpin Space Squad yang tengah mengejar penjahat yang melewati dimensi dengan Uchu Sentai Kyuranger. Namun porsi si Gaban disini lebih seperti peran pembantu saja. Karena konflik cerita dari keseluruhan film ini adalah tentang perseteruan antar anggota dalam tubuh Kyuranger itu sendiri. Kemudian di akhir film ditunjukan teaser sosok Fire pemimpin dari group metal heroes Winspector yang mungkin akan muncul di film Space Squad mendatang. Setelah yang kali ini memunculkan Jiraiya sebagai anggotanya.

Nah segitu dulu tulisan tentang film Gaban yang baru. Ntar kalau ada tambahan ku update lagi. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.