Urutan Serial Gundam Univerasal Century Berdasar Linimasa nya (update 3 July 21)

Jadi untuk kali ini ak bakalan nuliskan urutan nonton ‘serial’ Gundam yg Universal Century (Krn cuma Gundam ini yg punya expand Universe paling banyak) berdasarkan kronologi waktu terjadinya. Karena 3 seri utamanya (Alias yg nyeriytain si Amuro) sudah punya rangkuman semua episode dalam versi movienya, maka aku bakalan suggest untuk liat yang versi tersebut (Disamping mengurangi filer, di versi rangkuman movie juga adanya koreksi cerita). Termasuk OVA dan ONA. Dengan sedikit keterangan gitu. (Sedikit kok, tapi waspada siapa tau itu bersifat spoiler buat kalian πŸ™‚ )
NB : Urutan ini tidak mengikutsertakan Novel dan Manga nya.

Jadi ini adalah suggest urutan nonton berdasarkan waktu terjadinya, (versiku) bukan sebuah patokan buat menikmati seluruh saga ini. (Bakalan nyenengin liat perubahan model gambar dan lagu tema di tiap seri ini) Tapi menonton berdasarkan urutan release nya juga masih sangat menyenangkan kok menurutku. So, aku mulai :

01# Mobile Suit Gundam Origin

Ova series yang di adaptasi dari manga yang mengisahkan tentang asal muasal perang One Year dan para tokoh dalam serial Mobile Suit Gundam. Serial ini terdari dari 6 bagian (update sudah dibuat serialnya) yaitu :

1. Blue-Eyed Casval : (U.C. 0068)

Menceritakan tentang rencana awal berdirinya republik otonomi Munzo dan konspirasi Zeon Zum Deikun oleh keluarga Zabi di koloni Side 3. Juga menceritakan tentang sepasang sodara Casval dan Artesia.

2. Artesia’s Sorrow : (U.C. 0071)

Menceritakan tentang Casval dan Artesia yang dilarikan ke bumi. Perubahan nama koloni Side 3 menjadi republik otonomi Zeon, serta dimulainya Zeon mengembangkan Mobile Worker untuk bertahan dari kekuatan federasi Bumi.

3. Dawn of Rebellion : (U.C. 0074)

Menceritakan bagaimana Casval memperoleh nama Char Aznabel dan lalu berteman dengan Garma Zabi yang kemudian memicu percikan pertama yang berujung pada One Year War.

4. Eve of Destiny : (U.C. 0077)

Menceritakan perkembangan perlawanan terhadap federasi Bumi dan pergolakan di tubuh keluarga Zabi. Yang kemudian menuntun Republic of Zeon menyatakan merdeka dari federasi bumi dan berubah menjadi Principality of Zeon. Serta diperkenalkannya proyek RX-78 alias cikal bakal Gundam ke Anaheim Electronics. Juga pertemuan Char dengan Lalah Sune buat pertama kalinya.

5. Clash at Loum : (U.C. 0079)

Menceritakan tentang event Colony Drop yang ada di opening serial Gundam utama. Principality of Zeon mendeklarasikan perang dengan Federasi bumi. Cerita ditutup dengan pertarungan antara Zeon dan Federasi memperebutkan Side 5

6. Rise of the Red Comet : (U.C. 0079)

Menceritakan tentang kelanjutan dari pertempuran di Side-5, Loum dan sebagai film penghubung antara kisah Origin dengan serial Gundam utama. Juga menceritakan kisah bagaimana Sayla, Mirai, Noa, dan pesawat White Base bisa berada di Side-7 yang menuntun pada pertemuan mereka dengan Amuro di episode awal serial Gundam. Lalu kemudian diakhir film ditutup dengan text bertuliskan : And Now, Gundam Begin… πŸ™‚
Btw ku suka ama credit scene di akhir film yang menunjukan scene penyerangan Zion ke bumi.

02# Mobile Suit MS IGLOO

OVA dengan teknik CGI yang menceritakan event penting pada One Year War. Serial ini punya 3 bagian dengan masing-masing 3 episode per bagian nya.

1. Mobile Suit Gundam MS IGLOO: The Hidden One Year War : (U.C. 0079)

The Hidden One Year War ini bercerita tentang pesawat cargo milik Zeon bernama Jotunheim. Ova ini juga menceritakan event penting seperti Operation British, the Battle of Loum, dan aftermath dari Operation Odessa. Jadi beberapa episode berjalan paralel dengan episode di Gundam Origin dan Gundam series.

2. Mobile Suit Gundam MS IGLOO: Apocalypse 0079 : (U.C. 0079)

Apocalypse 0097 ini menceritakan kelanjutan dari The Hidden One Year War. Tentang laporan mantan anggota crew Jotunheim tentang semua senjata prototype yang mereka test.

3. Mobile Suit Gundam MS IGLOO 2: The Gravity Front : (U.C. 0097)

The Gravity Front ini lebih seperti The Hidden One Year namun dari sudut pandang federasi Bumi.

03# Mobile Suit Gundam

Ini adalah satu serial utama dari kisah dalam Universal Century ini. Menceritakan tentang One Year War dari sudut pandang sosok Amuro Ray dan Char. Punya 43 episode dan 3 kompilasi movie, Dan karena kompilasi movie ini mengalami pembaharuan dan koreksi dari segi cerita, yang di kenal dengan Mobile Suit Gundam – The Movie Trilogy :

1. Mobile Suit Gundam

Film ini berisi cerita dari episode 1 sampai 15, dan cerita diakhiri dengan adegan Admiral Gihren Zabi yang menyiarkan pidato pernyataan akan serangan besar Zeon ke federasi Bumi.

2. Mobile Suit Gundam: Soldiers of Sorrow

Film ini berisi cerita dari episode 16 sampai 30, yang salah satu nya adalah event penting Operation Odessa.

3. Mobile Suit Gundam: Encounters in Space

Film ini berisi cerita dari episode 31 sampai 43, dan mengisahkan sisa keseluruhan dari cerita di seri nya. Yang salah satu nya adalah penyerbuan ke A Baoa Qu.

04# Mobile Suit Gundam : The 08th MS Team (U.C. 0079)

Serial OVA dengan 12 episode yang mengisahkan tentang tokoh Shiro Amada komandan baru 08th MS Team milik federasi Bumi yang ditugaskan menghalau serangan Zeon di hutan di daerah Asia Tenggara. Yang kemudian bertemu dengan Aina Sahalin pilot senjata tempur Experiment dari Zeon. Kisahnya mirip Romeo and Juliet. Serial ini mengusung sisi moral dan filosofi dari sebuah perang. Episode pertamanya dimulai bersamaan dengan saat Admiral Gihren Zabi yang menyiarkan pidato pernyataan akan serangan besar Zeon ke federasi Bumi. Yang mana berarti episode ini paralel dengan episode 10 serial Gundam utama. Serial ini juga punya kompilasi movie berjudul Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team, Miller’s Report.

05# Mobile Suit Gundam 0080 : War in Pocket

Serial OVA dengan 6 episode yang mengisahkan tentang ujung dari perang besar antara Zeon dengan federasi Bumi. Serial ini mencoba menceritakan peperangan dari sudut pandang mereka yang tidak ikut terlibat langsung dengan perang itu sendiri, yaitu koloni netral Side 6. Dan reaksi mereka saat perang mulai menghampiri. Episode pertamanya dimulai setelah serangan ke Jaburo yang berarti setelah episode 29 serial Gundam utama dan setelah episode 11 serial 08th MS Team. Dan berakhir tepat setelah episode terakhir dari Gundam utama.

06# Mobile Suit Gundam Thunderbolt

ONA adaptasi dari manga dengan 8 episode dalam 2 season. (yang mungkin masih bakalan muncul season 3 nya karena ending season 2 yang masih menyisakan banyak tanda tanya) Yang per season nya memiliki 4 episode. Season pertamanya masih bercerita seputar One Year War yang kali ini dari sudut pandang tokoh Io Flaming pilot federasi, dan Daryl Lorenz pilot Zeon. Kisah berpusat pada pertempuran di “Thunderbolt Sector”, area yang dipenuhi oleh sisa-sisa debris dari koloni Side 4 “Moore” yang di ledakan di awal One Year War. Serial ini mencoba menunjukan motivasi dan sudut pandang dari sebuah peperangan. Yang mana ga ada satupun pemenang dari kedua belah pihak bagi mereka yang ada di medan peperangan. Season pertamanya punya kompilasi movie yang berjudul Mobile Suit Gundam Thunderbolt: December Sky.

Sedang season kedua nya dimulai pada saat even penyerangan pasukan federasi ke benteng pertahanan terakhir Zeon di A Baoa Qu fortress, yang mana berarti episode ini paralel dengan episode 42-43 dari serial Gundam utama. Dan kemudian dilanjut ke 8 bulan setelah perang One Year selesai di era kekacauan pasca perang tersebut. Yang salah satunya adalah Aliansi Laut Selatan mencoba untuk merdeka lepas dari fedarasi bumi. Cerita masih melanjutkan kisah si Io dan Daryl yang kini terlibat dalam konflik baru antara tim Spartan dengan Aliansi Laut Selatan. Season ke 2 nya ini punya kompilasi movie berjudul : Mobile Suit Gundam Thunderbolt: Bandit Flower.

Bisa juga serial ini ditonton terpisah dijedah serial War in Poket, dengan season 1 ditonton sebelum dan season 2 ditonton sesudahnya, juga menurut perkiraan sotoy ku mungkin sisa season serial ini bakalan ngisi jedah cerita selama 3 tahun sebelum memasuki serial Stardust Memory πŸ™‚

Sampai saat ini, judul-judul yang berlatar belakang tentang One Year War telah habis, setelah ini film dan serial akan dimulai dengan latar belakang konflik yang lain.

07# Mobile Suit Gundam 0083 : Stardust Memory (U.C. 0083)

Serial OVA dengan 13 episode yang mengisahkan tentang event Operation Stardust. Yang kemudian diakhiri dengan pembentukan organisasi the Titans, yang bakalan jadi musuh utama di serial Zeta Gundam. Serial ini punya kompilasi movie yang punya banyak judul di tiap release negara yaitu :

Mobile Suit Gundam 0083: The Last Blitz of Zeon.
Mobile Suit Gundam 0083: The Afterglow Of Zeon.
Mobile Suit Gundam 0083: The Fading Light of Zeon.

08# Mobile Suit Zeta Gundam (U.C. 0087)

Serial utama Gundam yang merupakan lanjutan dari serial Mobile Suit Gundam dengan sudut pandang tokoh utama Kamille Bidan dan Quattro. Kali ini serial bercerita tentang event Gryps Conflict, pertikaian antara AUEG, Titans, dan Axis Zeon. Punya 50 episode dan 3 kompilasi movie, Dan karena kompilasi movie ini mengalami pembaharuan dan koreksi dari segi cerita (Merubah ending dari serial original nya) yang bikin rada ga konsisten dengan kisah lanjutannya Gundam ZZ & film Char’s Counter Attack. Maka disarankan sih nonton kedua nya kalau mau. Tapi kalau males nonton 50 episode nya sih bisa nonton kompilasinya asal fine dengan kebingungan setelah nanti ngelanjut seri yang lain. Kompilasi itu bernama Mobile Suit Zeta Gundam: A New Translation :

1. Heirs to the Stars

Film ini berisi cerita dari episode 1 sampai 14, Char dan Amuro bertemu buat pertama kalinya setelah pertempuran di A Baoa Qu.

2. Lovers

Film ini berisi cerita dari episode 15 sampai 32, termasuk kemunculan Haman Karn si pemimpin Axis Zeon buat pertama kalinya.

3. Love is the Pulse of the Stars

Film ini berisi cerita dari episode 33 sampai 50, dan mengisahkan sisa keseluruhan dari perang 3 arah antara Titans, AUEG, dan Axis Zeon.

09# Mobile Suit Gundam ZZ (U.C. 0088)

Serial ke 3 dari Gundam yang merupakan lanjutan dari serial Mobile Suit Zeta Gundam namun bukan lagi dengan sudut pandang tokoh utama Kamille Bidan dan Quattro, melainkan Judau Ashta dan Glemy Toto. Kisah benar-benar sambungan langsung dari Zeta Gundam yang mana hanya berjedah beberapa bulan setelah event terakhir nya. Kali ini serial berpusar pada pergerakan Neo Zeon. Punya 47 episode dan belum punya kompilasi movie sampai saat ini.

10# Mobile Suit Gundam : Char’s Counterattack (U.C. 0093)

Film ini mengisahkan tentang ambis Char buat mengusir semua orang dari bumi yang menuntun ke event Second Neo Zeon War. Dan juga sebagai film penutup kisah antara Amuro dan Char.

Nah setelah ini judul-judul dalam Universal Century ini akan memasuki konflik yang baru lagi. Dan meninggalkan era dengan konflik yang berakar dari One Year War. Seperti Operation Stardust sampai Neo Zeon Movement.

11# Mobile Suit Gundam Unicorn (U.C. 0096)

OVA adaptasi dari Novel dengan 7 episode ini berpusar pada misteri dibalik insiden yang terjadi pada tahun UC pertama, yaitu Laplace Incident. Bercerita tentang Banagher Links dan Audrey Burne. Disini juga muncul muka-muka lama dari series sebelumnya. Dan kebalikan dari beberapa series yang kemudian mendapat kompilasi movie, Ova ini malah di adaptasi menjadi serial TV dengan judul Mobile Suit Gundam Unicorn RE:0096.

12# Mobile Suit Gundam: Twilight Axis (U.C. 0096)

ONA adaptasi dari Light Novel dengan judul yang sama. Berkisah tentang 2 orang mantan Insinyur dan Pilot Test Zeon, Arlette Almage dan Danton Hyleg yang diminta untuk melakukan penyelidikian di pecahan asteroid Axis beberapa bulan setelah event di Gundam Unicorn. Tapi karena ONA nya ini dibuat ajaib dengan durasi antara 2-3 menit per episode nya dan 6 menit buat episode ke 6 nya, bikin aku belum paham bener ama ceritanya. Yang jelas si Arlette ini adalah NewType yang mengenal si Lalah dan Char. Mungkin di versi theatrical kompilasi nya yang berjudul Mobile Suit Gundam: Twilight Axis Red Trace cerita bisa jadi lebih mudah buat dipahami. πŸ™‚

13# Mobile Suit Gundam Narrative (U.C. 0097)

Film in bercerita tentang tiga sahabat korban perang dan subjek percobaan Newtype. Juno Basta, Michele Loiu, dan Rita Bernal. Tidak disebutkan tapi mungkin saja fasilitas tempat mereka menjadi subjek percobaan itu adalah Flanagan institute, tempat yang sama dengan si Arlette (protagonis nya Gundam Axis) dibesarkan dimasa kecilnya.

Film ini bener-bener memilukan. Sebuah tragedy yang menjadikan anak-anak sebagai korbannya. Sedih nontonnya πŸ˜₯

Lini masa film ini adalah setahun setelah event di Gundam Unicorn. Dimana sekarang si Mineva menjadi pemimpin republik Zeon. Kali ini perusahaan Liou & Co yang sempat muncul di era Gundam Zeta yang jadi latar pendukungnya. Banagher juga muncul sebagai cameo namun tanpa Unicorn.

Sedang diawal film potongan ingatan masa kecil sang karakter bersetting di Australia tahun 0079 beberapa saat sebelum koloni Side 2 jatuh di atas Sydney. Lalu kemudian ditengah film juga diceritakan kisah masa muda sang karakter pada tahun 0087. Yang mana ada satu adegan yang merujuk pada event penyerangan oleh Four dan Psyco Gundamnya di New Hong Kong. Jadi adegan tersebut parallel dengan serial Gundam Zeta setelah episode 18.

*Update :

#14 Mobile Suit Gundam: Hathaway’s Flash (U.C. 0105)

Adaptasi Novel bagian pertama dari sebuah trilogi.

Ceritanya berselang 7 tahun setelah event di Gundam Narrative. Berkisah tentang pergerakan anti Federasi Bumi baru bernama Mafty dari sudut pandang Hathaway Noa. Salah satu karakter dalam film Char’s Counterattack. Anak dari Bright Noa, karakter veteran yang sering nongol di banyak judul. Bright terakhir muncul di Gundam Unicorn.

Sebenernya sebelum di Char’s Counterattack, Hathaway muncul pertama kali sebagai cameo saat masih kecil di eps 17 & 18 serial Zeta Gundam, kalau ga salah. Saat ia dan keluarganya ditangkap oleh Titans. Dia adalah bocah yang diselamatin Amuro di laut.

Sedang setting film ini di Davao, Filipina. Dan rencananya si Hathaway mau ke Manado, Sulawesi. Karena pangkalan rahasia organisasinya ada di sekitaran pulau Halmahera.

Tidak melanjutkan tema Laplace’s Box dan Newtypes dari judul-judul sebelumnya, film ini lebih seperti sambungan langsung dari kisah Hathaway 12 tahun setelah film Char’s Counterattack. Dan ceritanya terkesan cluster ke Hathaway pribadi.

Sayang penampakan Xi Gundam alias RX-105 nya cuma secuil dalam film ini.

Nah, setelah ini kita akan memasuki lini masa yang di kenal dengan sebutan Late Universe. Itu karena jedah tahun antara judul-judul sebelumnya dan sesudah nya memakan waktu yang panjang. Mungkin di tahun-tahun mendatang akan ada judul-judul baru yang mengisi jedah lini masa yang kosong ini.

15# Mobile Suit Gundam F91 (U.C. 0123)

Film yang mengisahkan tentang konflik seputar tokoh Seabook Arno dan milisi Crossbone Vanguard. Kisah ini dilanjut ke sebuah manga berjudul Crossbone Gundam.

16# Mobile Suit Victory Gundam (U.C. 0153)

Serial TV ke 4 dalam Universal Century ini bercerita tentang konflik antara tokoh utama Uso Ewin dengan Zanscare Empire, pengganti Cosmo Babylon melawan federasi Bumi.

Oke itu tadi adalah seri terakhir dari judul-judul dalam timeline Gundam UC. Ntar kalau ada yang baru ku update lagi.

Tapi sebelum ku sudahi tulisan ini, aku mau nulis tentang universe franchise ini. Yang mana menurutku ini adalah salah satu contoh universe anime yang berhasil dan masih akan terus berkembang. Dimana ada puluhan judul dengan puluhan karakter dan puluhan sudut pandang dalam sebuah event. Belum pernah ku temuin sebuah franchise se lebar dan se solid ini. Dan menurutku ini adalah contoh bagaimana seharusnya sebuah universe berkembang. Ga melulu nyeritain tentang tokoh itu terus atau tokoh dari lingkungan tokoh sebelumnya. Menceritakan tokoh yang ga saling kenal namun berada dalam sebuah event yang sama itu baru yang namanya melebar. πŸ™‚

dah, bye

17 thoughts on “Urutan Serial Gundam Univerasal Century Berdasar Linimasa nya (update 3 July 21)

    1. Makasih, iya emang rada aneh sih, apa lagi ngeliat design gambar ama soundtrack nya πŸ™‚ tp jeleknya klo nonton origin dulu itu jd ada beberapa faktor twist nya ga kerasa. Ky starwars klo kita nonton prequel nya dulu, pasti ga bakalan kaget waktu tau siapa bapak nya Luc :v

      Like

  1. Udah nonton yg origin mau lnjut ke seri utama. Eh nyari link downlod yg sub indo susah nya masya allah. 😧😧😧😧 mungkin klo agan punya atau tau link yg masih hidup bisa di share disini. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ hehe.

    Overall nice review senpai. Ditunggu lanjutanya.

    Like

    1. Thanks udh baca semoga membantu, bakal dilanjut kok, soalnya si thunderbolt ama axis udh donlot serinya tinggal nunggu waktu buat nontonnya πŸ™‚ tp jgn panggil aku senpai dong, kesan nya tua ntar :v
      Kalo yg serial ama movie trilogy nya ku nonton nya yg sub inggris di https://anime.thehylia.com/downloads/series/mobile-suit-gundam
      Emang susah nyari sub indo nya, soalnya serial lama. Klo ngga cobain aja search di kbagi.com sapa tau hoki πŸ™‚

      Like

    1. Oh yang Gundam Kung Fu itu yak? Bukannya itu settingnya di Future Century ya? Ga tau juga sih Future Century itu timeline masa depan dari UC atau bukan. Jadi ga aku masukin, hehehe πŸ™‚

      Like

  2. Wait…
    Unicorn itu sehabis berakhir nya 3 seri gundam utama ya?
    Kok kita masih bisa liat chara-chara dari seri yg dulu?

    Like

    1. Kan selisihnya cuma 17 thn dari kisah si Amuro pertama ke Unicorn. Dan cuma 9 thn dari kisah Zeta ke Unicorn. Jadi masih memungkinkan dong buat ketemu ama karakter lama. Emang sih bikin bingung krn sebagian karakter yg muncul udah pada dewasa jadi perubahan fisik (tua) nya ga terlalu kentara di design gambar.

      Tapi yang paling kentara itu si Audrey. Kalau nonton Origin pasti tau dia pas masih baru lahir atau di Zeta pas dia lagi umur 9 thn nya. Itu cukup jadi bukti kalau Unicorn sesudah kisah si Amuro πŸ™‚

      Like

    1. Beda dunia sih kalo yg Iron Blood, soalnya dr lingkungan sejarah dll nya ga ada yg sama ama yg UC ini. Tapi ga tau klo ternyata Iron Blood itu masa dpn bgt dr UC, krn Gundam mereka itu kan fossil dr peradaban kuno gt πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.