My Ten : Worth Watch Movie Franchises (Part 1)

Karena akhir-akhir ini ada banyak film-film lama yang sudah mati suri mulai di bangkitkan lagi dengan sequel atau remake untuk membangun sebuah franchises, maka ku mau nulis tentang film-film yang punya sequel atau prequel sebanyak 5 film dan ga lebih dari 10 film yang ku anggap layak buat di ikuti. Entah karena kualitas nya atau karena simply fun and entertaining. Diluar film-film Anime jepang atau animasi Hollywood. Dan horror tentu nya, karena ku ga berani nonton nya.

FYI tulisan ini update per mei 2017 dan ku bakalan tulis tidak berdasarkan urutan rangking. Dan juga ku ga masukin film James Bond, karena punya 26 film! Dan lagi meski dihitung sebagai sequel, film-film James Bond praktis adalah film lepas yang tidak saling berhubungan secara cerita atau garis waktu. (Ada sih beberapa film nya yang bener-bener direct sequel. Contoh Casino Royal-Quantum of Solace-Skyfall-Spectre. Itu 4 film yang bener-bener nyambung baik secara cerita dan timeline) Meski sebenarnya semua film Bond itu ada dalam dunia yang sama dan Bond yang sama.

Oke, kembali ke inti cerita. Dan tanpa berpanjang lebar mari kita mulai :

Harry Potter : (Punya 8 serial dan 1 prequel)

Jelas ga perlu kasih tau tentang film ini secara berlebih, karena film ini udah dikenal mendunia dengan masif penggemar. Secara diangkat dari novel yang melegenda. Mengisahkan tenang perjalanan seorang bocah di dunia sihir dengan mengangkat tema tentang kematian.

Yang menarik dalam mengikuti serial ini adalah dunia sihir nya yang sangat fantasi dan solid. Selalu menyenangkan melihat sihir dan mahluk ajaib dalam serial ini.

  • Trivia : Dari 9 film dalam serial nya, hanya film prequel nya (tidak ada karakter Harry Potter) yang memenangkan piala Oscar, yang ironi nya film itu punya rating paling kecil di Rotten Tomatoes 🙂

Die Hard (Punya 5 serial)

Film tentang seorang detektif yang susah mati ini dulu nya trilogy doang, tapi karena sebab mengikuti kekinian Hollywood membangkitkan dagangan lama, jadilah serial ini nambah 2 film lagi. Tiga sebener nya hanya saja yang satu belum di buat melihat reaksi di film ke 5 nya.

Yang menarik dalam mengikuti serial ini adalah tingkah aksi sang tokoh utama yaitu John McClane yang punya tag line catchy abis ‘Yipikaiye…’ Namun sayang nya aksi balik meneror sang penjahat ala McClane itu udah mulai pudar di film terbaru nya 😦

  • Trivia : 4 film Die Hard pertama di adaptasi dari novel, script novel, dan  short story. Sedang hanya film ke 5 saja yang tidak mengadaptasi dari material lain. Menggunakan Original Screenplay yang mana adalah film dengan rating ter buruk dari ke 5 film secara keseluruhan. Hanya punya 14% di Rotten Tomatoes yang mana 51% adalah nilai rating paling rendah dari 4 film pendahulunya.

Twilight Saga (Punya 5 serial)

Mungkin akan banyak pro kontra mengenai serial yang satu ini. Serial yang diangkat dari novel tentang kisah cinta seseorang dengan Vampire dan Lycan ini punya penggemar juga kontra penggemar yang nyaris sama banyak nya. Yah mungkin karena sub genre nya yang memang bukan buat semua orang.

Yang menarik dalam mengikuti serial ini adalah tentang kisah cinta dan si tokoh utama nya yang berkembang seiring waktu. Berawal dari kisah picisan sampai ke sebuah pergerakan besar.

  • Trivia : Konon kabar nya serial ini bakalan dapet 5 short side story. Tapi sayang sampai sekarang itu semua masih berupa ‘kabar nya’

Bourne Series (Punya 4 serial dan 1 side-story)

Serial ini juga salah satu korban dari menghidupan kembali dagangan lama. Dulu nya serial Bourne hanya punya 3 film dengan ending yang sudah cukup bagus menurutku. Kemudian sekarang ada satu film baru dan satu film lain yang masih satu semesta. Menceritakan tentang super agent yang kehilangan ingatanya dan mencoba mencari tau jati dirinya. Ya, lebih kurang seperti itu ceritanya.

Yang menarik dalam mengkuti serial ini adalah jelas ketegangan, adegan aksi, dan cerita espionage yang complicated. Selalu menarik ngeliat fast respond nya si Bourne dan gaya tarung efektif dan efisien dengan menggunakan segala hal yang bisa dia gunakan itu. 🙂

  • Trivia : Sebelum John Wick bertarung dengan pensil, Jason Bourne udah bertarung dengan ballpoint dan buku 🙂

Fast Farious series (Punya 7 serial, 1 side-story dan 2 prolog short film)

Serial ini adalah salah satu serial yang berhasil setelah di bangkitkan dari mati suri nya. Tiga film pertama nya tidak terlalu meledak, tapi begitu serial ke empat di mulai, serial ini mulai meningkat seiring waktu. Ceritanya sih tentang sekelompok orang yang sering berhubungan dengan kejahatan dan mobil.

Yang menarik dalam mengkuti serial ini adalah ke ga masuk akalan dari aksi yang makin ke sini makin parah tingkatan nya. Tapi hal itulah yang jadi kekuatan serial ini. Totally entertainment. 😀

  • Trivia : salah satu pemeran tokoh utama film ini meninggal ditengah pembuatan film ke7 nya. Dan digantikan ama adik nya sambil di kasih computer graphis.

 

Oke, segini dulu tulisan nya ntar disambung ke part 2 nya biar ga kepanjangan. Terakhir ku mau kasih 2 serial yang ga masuk dalam list 10 besar ku, tapi masih boleh coba buat di tonton.

 

Nice to Try :

Underworld Saga : (Punya 4 serial dan 1 prequel)

Pemis nya mirip Twilight Saga, Manusia, Vampir, dan Lycan. Hanya saja genre nya bukan drama cinta, namun aksi fantasi. Tentang perang rahasia antara Vampire dengan Lycan selama berabad-abad lama nya.

Resident Evil (Punya 6 serial)

Film adaptasi video game paling panjang dalam sejarah per film an Hollywood. Genre nya sih horror survival, tentang Zombie apocalypse yang kemudian berubah menjadi sci-fi action, tentang cloning dan manusia super.

Udah bye!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.