Mobile Suit Gundam Thunderbolt: December Sky, Perang galaktika dengan alunan Jazz

Satu lagi film Gundam yang meng expand kisah Universal Century. Mungkin bagi penggemar Gundam udah ga asing lagi dengan istilah Universal Century. Itu adalah istilah untuk menamai calendar dalam serial Gundam, atau kemudian bisa di bandingkan dengan istilah universe cerita Gundam. Bagi yang belum tahu, serial Gundam tidak selalu berada pada dunia yang sama dengan serial Gundam yang lain. Ada juga sih beberapa universe yang punya lebih dari satu serial, seperti Universal Century ini, atau Cosmic Era yang merupakan latar universe untuk Gundam Seed dan Seed Destiny. Lain kali aja aku tulis lebih rinci nya deh. Tapi untuk universe Universal Century atau sering di singkat UC ini punya kisah paling panjang komplek dan berjibun serial. Salah satunya adalah serial Gundam mula-mula, yang pertama kali keluar di tahun 1979. Punya 17 serial anime, belum Manga nya, Novel, pokoknya banyak deh.

Episode 1 ONA

Sedang untuk Gundam Thunderbolt : December Sky ini adalah sebuah ONA (Orginal Net Animation) mini seri yang di tanyangkan di internet secara berkala. Film ini tepatnya adalah kompilasi dari 4 episode untuk season awal. Sekarang season 2 nya sudah memasuki episode ke 2, sedang final episode season 2 rencana akan release bulan Juni akhir.
Serial ini sebenernya diadaptasi dari Manga (komik jepang) dengan judul yang sama. Yang mengisahkan tentang perseteruan Zeon dan Federasi bumi pada tahun 0079 U.C. yang berarti pada masa One Year War. Dengan narasi dari seorang pilot Federasi Io Fleming dan Sniper Zeon Daryl Lorenz.

Cover Manga

Disamping selalu punya cerita yang abu-abu seperti kebanyakan serial-serial dalam UC, yang memberi kita cerita dari sudut pandang kedua belah pihak, serial ini juga mengusung kisah kelam nya perang, kemanusiaan, dendam, harga diri, dan pengorbanan. Serial ini punya semua element film perang, ditambah ledakan dan desain Gundam yang maknyus. Mantab pokonya.

Poster season 2

Kemudian satu lagi element yang bikin aku harus merekomendasikan serial ini buat ditonton. Adalah disamping cerita nya nggak memerlukan kita buat tahu sejarah dibelakang nya, (karena film ini lebih ke sebuah kisah tragedi, emosi yang sifat nya personal. Alias ceritanya simple dan bisa di tonton secara stand alone) juga karena serial ini punya backsong yang ga biasa, dan sangat influence dalam pergerakan cerita dan tone film nya. Membuat serial ini berasa beda dari kebanyakan serial Gundam yang lain nya. Mereka membawa musik Jazz, Swing, dan musik-musik era 60 kedalam film perang antariksa. Bayangin film ini punya satu adegan perang yang tegang tapi diiringi ama Musik Swing Jazz yang woles abis. 🙂

Jadi buat penyuka film drama tragedi perang gitu, bisa coba buat nonton film ini. Tenang aja ga bakalan di ejek : ‘anak kecil’ kok karena nonton film kartun yang ini :p

Udah segitu dulu tulisan ku tentang Gundam Thunderbolt December Sky. Kapan-kapanlah aku tulis tentang universe-universe dalam serial Gundam, atau mungkin nulis tentang Timeline komplek nya Universal Century ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.