My Comment About : Ghost in The Shell

Baru kali ini nonton film hollywood saduran anime yang bagus dan ga ngecewain. Mereka bikin kisah origin nya Mayor Motoko Kusanagi!!! How about that?!

Benar, film ini adalah saduran dari anime (kartun Jepang) yang juga adalah saduran dari manga (Komik Jepang) dengan judul yang sama.

Cover game PlayStation
Cover Manga

Bercerita tentang seorang cyborg cakep yang seringnya di panggil dengan sebutan ‘Mayor’ yang bekerja di counter-cyberterrorist, Section 9. Film ini bersetting di masa depan dengan element Cyberpunk yang kental bgt. (Kaya film Blade Runner, Total Recall, ato John Mnemonic) Mungkin cerita nya sih sederhana tapi plot nya yang bercabang-cabang itu pasti bikin bingung orang yang ga terbiasa ama kisah Ghost in the Shell ini.

Element Cyberpunk terlihat pada kota

Dan karna juga ber genre Drama Crime, jadi ga melulu isi nya aksi. Malah aksinya bisa dibilang ga terlalu banyak (?) Tapi itu mba Johansson nya kalo kelahi sangar betul. Keren pake muter-muter sambil lari-lari di tembok, yang setahu ku Motoko di versi anime nya ga pernah kaya gitu. Joss kamu mbak.

Perbandingan karakter Mayor Live-Action vs Anime

Sedang buat fans, film ini memiliki banyak reference ama Easter egg dari versi Manga, Stand Alone maupun yang Arise. Meski sebenarnya film ini remake dari yang versi nya Mamoru Oshii tahun 1995 ama yang Innocence.

Dan menurutku film ini berhasil menciptakan kembali adegan-adegan yang menjadi icon dari anime nya dan menempatkannya dengan secara tidak maksa dalam film, meski memiliki cerita yang berbeda dari yang versi anime nya. (Aku aja nontonnya sambil bolak-balik bisik-bisik : ‘wah, ini yang adegan pas itu’ ‘wah, bisa pas gitu ya?’, Awezom sekali pokoknya. 😆 )

Sedang buat mbak Johansson nya udah cocok banget meranin si Mayor, diluar kasus whitewashing yang no problem with me. Dari mulai potongan rambutnya, pembawaannya yang kadang gloomy kadang cool. Kadang feminim kadang maskulin. Sampai gaya tarung nya yang bad-ass. Pokoknya love deh ❤

Karakter Mayor dari berbagai versi (dari kiri atas ke kanan bawah) versi Manga 1989, Anime Original 1995, Anime 2.0 Remastered 2008, Anime Stand Alone Complex 2005, Anime Arise 2015, Live Action 2017

Bagi yang suka film drama cybercrime, noir, ato cyberpunk sih boleh coba nonton. Visual kota nya bagus (akhir-akhir ini udah jarang ada film cyberpunk gaya 90’an kaya gini lagi 😦  )

Buat yang suka film dengan cerita-cerita tentang batasan-batasan kabur antara manusia dan mesin kaya Ex-Machina ato Chappie juga boleh coba nonton.
Lalu buat para fans ato yang pengen bernostalgia ama film lama ini sih kayanya harus nonton deh.

Terakhir bagi yang bukan bagian dari list diatas, mending dipikir dua kali kalo mau nonton. Karena takut nya ketiduran ditengah-tengah film. :p

Adegan Mayor mengendari motor di Ghost in the Shell: The New Movie

Terakhir sebagai pengemar Anime, ku doakan selepas film ini ada banyak bermunculan film-film saduran Anime yang bermutu. Apple Seed mungkin? Neon Evangelion? Cyborg 009? Please make it happen!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.