Netflix’s Iron Fist, sang Tinju K’un L’un

Serial ini adalah serial ter lemah dari semua serial Marvel di platform Netflix. Sangat disayangkan. 😥

Mengisahkan tentang Danny Rand sang Iron Fist yang kembali ke New York dari kota mistis K’un L’un di lereng Himalaya.
Serial ini adalah Serial terakhir sebelum serial Defender, yang merupakan serial crossover pertama di platform Netflix. Yang akan mempertemukan Daredevil, Jessica Jones, Luke Cage, dan Iron Fist dalam satu kisah.

Defenders Series Title
Luke Cage Poster
Jessica Jones Poster
Daredevil Poster

Dan kenapa aku sebut ter lemah, karena menurutku ga ada hal unik ato menarik yang ditawarkan dalam serial ini. Ceritanya terlalu panjang untuk 13 episode sehingga terkesan bertele-tele di awal seri. Kurang menghibur.
Untuk stand alone, serial ini jadi lemah karena terlalu sedikit menjelaskan tentang segala hal. Kurang memberi latar belakang secara solid, yang bikin kita jadi ga peduli ama karakter nya. Juga karena serial ini membawa element mistis ke dunia dark street crime. Jadi cukup penting memberi pengertian penonton agar 2 element tadi bisa jadi satu level.
Sedang untuk sebuah share universe, serial ini terkesan ‘memaksa’ satu dunia dengan serial Marvel Netflix lain nya. (mirip serial Luke Cage) Kurang jelas terlihat continuitas ‘universe’ nya dengan serial-serial lain, meski cukup banyak referensi yang muncul sepanjang serial. Sayang hanya se level Easter egg doang.

Symbol of Iron Fist, Shou-Lou the Undying
Iron Fist

Tapi yang paling pedih dari semuanya adalah adegan aksi nya. Entah aku yang terlalu berharap banyak, ato emang yang bikin ga memperdulikan adegan aksi nya sama sekali. Fight scene nya di garap dengan sangat poor. 😦
Secara ini film temanya martial art. Kungfu, Karate, Samurai, Ninja, pokok nya all about silat. Tapi adegan aksinya tidak memperlihatkan kalo karakter-karakter yang lagi tarung itu bener-bener master kungfu, Kendo, Karate, etc.
Yah, ada sih satu dua adegan tarung yang bagus. Tapi ini bukan film detektif, ato adventure yang satu dua adegan aja sudah cukup. Ini film tema nya seni bela diri. Jadi ya harusnya satu dua adegan doang yang ga bagus. (Kalau pun ga pake seling buat terbang-terbang, setidaknya pake speed. Biar sangar dan menghibur)

Variant cover of The Immortal Iron Fist #1

Untung nya selepas episode 6 serial ini mulai sedikit menarik. Plot story ama Twist nya mulai jalan. Tapi jangan berharap banyak ya.
Selebihnya serial ini layak tonton karena bagian dari setup cerita serial Defender. Sangat tidak menyarankan menontonnya sebagai stand alone story. Percayalah.

Terakhir itu mbak Colleen Wing nya cakep, ayo buruan ama mbak Misty bikin spinoff Daughters of the Dragon.

 

Whats going on on MCU phase 3 (Spoiler alert)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.