Amazons, Kamen Rider bergenre horror

Sebuah serial Tokusatsu semi horror dari sebuah franchise Kamen Rider yang notabene adalah film superhero anak-anak. Ya bener, serial ini punya unsur film horror. Mengingatkan ku ama tokusatsu yang berjudul Garo yang muncul pertama ditahun 2005.

Serial ini adalah sebuah Re-make atau Re-image dari serial Kamen Rider Amazon yang tayang pada tahun 1974. Dan serial ini di tayangkan di streaming service, Amazon Prime karena memang rating nya dewasa. Dimana film ini penuh graphic violence ama disturbing scene.

Sedang untuk cerita film ini masih tak jauh dari tema-tema serial Kamen Rider kebanyakan. Tentang seseorang yang menjadi bahan experimen kemudian memiliki kekuatan yang lalu digunakan untuk memerangi kejahatan. Tapi beda nya adalah tone serial ini tidak meriah sama sekali. Malah cenderung kelam. Banyak mempertanyakan tentang arti sebagai manusia dan pahlawan. Penuh area abu-abu yang kabur sisi baik dan buruk nya.

Karena punya episode yang cenderung sedikit, maka cerita terkesan lebih padat, meski dipertengahan seri phase nya terasa melambat hingga 3 episode terakhir.

Original Amazon 1974
Amazon Alpa 2016

Tapi mau bagaimanapun ini tetep film Kamen Rider. Jadi buat penonton yang belum terbiasa dengan serial Kamen Rider pasti akan merasakan hal-hal aneh dari adegan, cerita, ama karakter-karakter nya. Tapi buat pengemar Kamen Rider, ini adalah sebuah pencapaian besar. Karena bagaimana tidak, ini adalah serial ‘serius’ dengan element Kamen Rider yang kental.

Meski final attack Rider tidak pake efek cahaya dan ledakan dasyat, tapi itu desain Rider ama monster nya seperti yang diharapkan dari seriel Kamen Rider. Yah meski rada ‘jomplang’ sih, ngeliat dunia semi realistik eerie tapi punya tokoh yang kostumnya ijo stabilo ama shocking red gitu.

Dahulu pernah ada film layar lebar Kamen Rider yang menerapkan konsep ‘dewasa’ dan ‘realistis’ seperti ini. (Bahkan lebih realistis dari serial ini, karena sang jagoan tidak berubah wujud, tapi memang sudah berkekuatan super namun memakai topeng mirip Captain America gitu) Kamen Rider the First ama Kamen Rider the Next, yang menurutku juga sangat bagus. (yang the Next juga semi horror) Harus tonton.

Amazon Omega mencabut lengan salah satu monster

Rekomen sih buat yang suka serial-serial dark horror sci-fi/fantasy, atau action sci-fi/fantasy gitu. Tapi jangan berharap sekelas serial-serial Netflix ya. Sedang buat penyuka serial Kamen Rider wajib nonton deh. Disamping buat acara nostalgia ama karakter ini, jg karena ini adalah project ke 2 dari Super Hero Year setelah Kamen Rider 1. Kapan lagi nonton tarung Kamen Rider brutal. :p

Trivia :
– Judul pada serial ini memiliki huruf awalan berurut berdasarkan abjad. Jadi mulai dari A-M (karena punya 13 episode) Dan rencananya pada season 2 nya akan bersambung N-Z.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.