My Ten : so sweet romantic film for Valentine

Karena aku suka ama genre film ini. Entah drama romatis atau komedi romatis, pokok nya kalo yang romantis-romatis aku suka. Dan karena aku masih single, jadi kita langsung aja.

Sepuluh film romatis tentang pengorbanan cinta yg syahdu (dan mungkin bakalan cocok ditonton bareng pasangan saat Valentine) versi aku :

Foot Notes (yg bukan dibawah tp ditengah) : Ku akan skip film Titanic, The Bodyguard, ama Eternal Sunshine on the Spotless Mind. Karena film itu ngga masuk ‘rekomendasi’ film, tp masuk ‘harus tonton’ film.

serendipity

Serendipity (2001) :

Ini satu-satunya film Kate Beckinsale yang dia ga bawa pistol 😀 yg pernah ku tonton. Film ini bercerita tentang dua orang yang bertemu secara tidak sengaja dan kemudian berpisah, lalu mereka mencoba saling bertemu saat masing-masing hendak menikah setelah beberapa tahun kemudian. Film ini menceritakan tentang kekuatan takdir, cinta pada pandangan pertama dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Kisah nya ringan dan romantis sekali pokok nya. Apa lagi Kate Beckinsale nya masih uwuwuwu sekali.

download

The Adjustment Beureu (2011) :

Disamping kisah tentang biro`’Tuhan’ yg mencoba membuat segalanya tetap pada narasi ‘Takdir’ yg benar, film ini punya kisah tentang kekuatan cinta dan pengorbanan yg besar. Bercerita tentang politisi yang menyukai seorang penari. Dan ‘takdir’ tidak ingin mereka bersama. Genre nya sih Drama romantis fantasy gitu. Cerita cinta dibalut sedikit aksi misteri fantasy dengan teori yg blowing mind tentang takdir. 😆 Dan ini pertama kali nya ku liat mbak Emily Blunt di film layar lebar.

my_so_has_got_depression_6547_poster

My SO Has Got Depression (2011) :

Film RomCom jepang tentang penyandang penyakit depresi. Film ini mengajarkan kita akan kebesaran dan pengorbanan cinta tanpa bermuluk-muluk. Menceritakan tentang suka duka dan usaha seorang komikus untuk menyembuhkan suami nya yg mengalami penyakit depresi. Meski film ini setipe ama genre film slice of life gt, tp menurutku film ini punya kisah cinta yg indah tanpa harus picisan. Seolah mengajarkan menjadi cinta sejati dalam kehidupan nyata yg tidak lebay seperti dlm puisi. :p

the_time_travelers_wife_film_poster

The Time Traveler’s Wife (2009) :

Berkisah tentang seorang penjelajah waktu yg menemukan cinta sejati dalam hidupnya. Mengindahkan segala hal tentang time travel yang membingungkan itu, sisa dari film ini adalah kisah cinta seorang gadis yg sangat luar biasa. Dia besar dan tumbuh bersama seorang pria yg jadi satu-satunya cinta sejati dalam hidup nya. Meski akhir nya dia harus tau hal-hal yg akan terjadi, tp dia tetep mencintai pria itu. Kisah cinta sci-fi ini di sadur dari novel dgn judul yg sama.

mv5bmte5otkwyzytndhlnc00mzljltk1ytkty2ixzjlizmnjmjuzl2ltywdll2ltywdlxkeyxkfqcgdeqxvymtqxnzmzndi-_v1_ux182_cr00182268_al_

Notting Hill (1999) :

Ini film drama romantis ‘rewatching’ terbanyak nomer 2 ku setelah Be With You. Kisah cinta antara artis terkenal ama pegawai toko buku di sebuah daerah kecil di london bernama Notting Hill. Kalau udah tau premis nya pasti bisa bayangin kan pengormanan cinta nya dibagian mana? Yang main Julia Robert ama Hugh Grant, film ini punya soundtrack lagu-lagu yg joss & evergreen. Terutama When You Say Nothing At All nya Ronan Kitting. Suka.

images-10

Loving (2016) :

Cerita tentang kekuatan cinta melawan intitusi dan perundangan. Disadur dari kisah nyata, tentang undang-undang pernikahan dan peranakan antar ras di amerika tahun 80an. Film nya sih full drama, ga ada lebay-lebay, puitis-puitis, tp melihat perjuangan mereka entah kenapa jadi berasa romantis gt.

1405563427-1881260323_n

I Just Wanna Hug You – Dakishimetai Shinjitsu no Monogatar (2014) :

Film ini berkisah tentang seorang supir taxi dan gadis penyandang cacat. Kisah nya jelas bikin mewek-mewek. Tapi ga lebay dan picisan. Alur ceritanya mundur. Jd ga bakalan spoiler klo ku bilang duluan si cewek nya akhir nya mati 😦 Tapi film ini ngga menitik beratkan pada twist atau alur cerita. Tapi tentang pengorbanan yang dialamai pasangan itu melalui hal-hal yang oleh orang biasa dianggap ‘merepotkan’. Keiko Kitagawa nya keliatan mature gitu, cakep.

images-11

Beauty and the Beast (1991) :

Film Disney animasi klasik ini siapa yg ga kenal. Film ini pada dasarnya berkisah tentang cinta sejati tak pandang fisik, melainkan hati. Bercerita tentang seorang pangeran yg dikutuk dan kemudian menemukan cinta sejatinya. Tapi tepatnya ini adalah kisah cinta si gadis yg berani mengorbankan segala hal demi untuk menyelamatkan cinta sejati nya. Meski berupa animasi yg dibumbui fantasy, tp film ini menceritakan kisah cinta yg luar biasa.

images-12

Radit dan Jani (2008) :

Film ini kebalikan dari kebanyakan film dalam list ini. Karena di film ini diperlihatkan bahwa ucapan cinta saja tak cukup buat kita bisa bertahan. Film ini mengisahkan dua remaja Radit dan Jani yg kawin lari karena tidak dapat restu orang tua. Film ini memberi pelajaran bahwa kata cinta itu berarti bertanggung jawab akan semua kebahagiaan org yg di cintai. Dan itu termasuk dengan harus merubah diri dan ego. Ini film beneran powerfull.

mohabbatein

Mohabbatein (2000) :

Meski ada banyak film india yg punya cerita cinta bagus dan romantis, macem Devdas, Dilwale Dulhania Le Jayenge, atau yg paling terkenal Kuch Kuch Hota Hai, namun bagi ku film ini meninggalkan kesan tersendiri. Menceritakan tentang seorang guru muda di sebuah sekolahan dengan kisah cinta tiga murid nya. Namun sebenarnya ada sebuah kisah tragis dibalik si guru muda mengajar ditempat itu. Diperankan oleh Shah Ruhk Khan ama Aishwarya Rai. Film yg mengajarkan tentang arti sebuah pengorbanan cinta. ditambah theme song instrumental yg iconic sekali. Film yg menghibur.

Honorable mention, mungkin ga terlalu romantis dan syahdu, tapi coba tonton film korea berjudul Sex is Zero (2002) dibalik genre comedy absurd nya itu ada kisah cinta paling romantis se film korea yg pernah ku tonton. 😆

Aku melewatkan AADC? Ya, karena menurutku film itu terlalu remaja, jadi romantis nya ak kurang terlalu suka, meski aslinya itu film yg bagus. 🙂 Sebenernya masih banyak sih film romantis yg cocok di tonton saat Valentine (biar kalo lagi jomblo berasa ngenes nya gitu) macem Pride & Prejudice, Kate & Leopold, 50 First Dates,  hanya aja list diatas adalah film-film yg bikin aku sreg gitu. Yang tingkat re-watchable nya tinggi.

Atau ada juga film yg bikin mewek-mewek macem A Walk to Remember, PS I Love You, atau Fault in Our Star. Atau yg film indonesia nya kaya Pupus atau film nya dedek Nabilah, Sunshine Become You. Ntarlah kapan-kapan bikin list film yg bikin mewek-mewek.

Oke, udah sekian dulu, kalau ada film romantis yg bagus dan sepertinya aku perlu nonton, jgn sungkan buat kasih tau. Thank, bye. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.