My Ten : Favorite anime with MMORPG element

List Anime ini ku bikin berdasarkan dengan tema MMORPG. Baik secara jelas bercerita tentang game online tersebut, atau hanya memiliki element sebuah game MMORPG pada umumnya. Semisal mereka mendapat item dari monster, memiliki konsep leveling up atau building character, dan menjelajahi Dungeon. Nah baiklah tanpa menjadi berlama-lama, marilah kita urutkan dari yang bawah sampai yang teratas.

10. Ixion Saga DT
Ixion Saga DT
Bercerita tentang seorang anak muda yang terlempar ke dalam sebuah game. Ceritanya ga begitu bagus sih, hanya saja anime ini penuh humor yang ga mutu sekali :v Bagi yang suka ama anime komedi dengan cerita lepas per satu dua episode dan penuh filer ga jelas bisa coba nonton.

09. Phantasy Star Online 2 The Animation

Anime yang ini kebalikan dari Anime Ixion Saga, yaitu karakter game yang muncul ke dunia manusia. Yah meski ceritanya juga masih tergolong santai abis. πŸ™‚ Menceritakan tentang cowok yang diminta untuk meneliti aspek sosial dalam game MMO oleh ketua OSISI nya. Yang menarik menurutku adalah konsep mereka membuat anime ini. Cerita ini memang terinspirasi dari game Phantasy Star Online 2. Alih-alih menceritakan kisah yang terjadi dalam game tersebut, anime ini malah menggambil cerita original. Yaitu bila karakter dalam game online tersebut keluar kedunia manusia.

08. Tower of Druaga

Anime ini bukan mengisahkan tentang game online atau orang yang terlempar ke dunia game, melainkan tentang dunia dimana orang berusaha untukmenaklukan sebuah dungeon berbentuk menara. Yang bernama Druaga. Menceritakan tentang seorang pemuda dengan impian mencapai puncak menara, yang kemudian bertemu dengan seorang gadis misterius yang memiliki hubungan dengan menara tersebut. Element dalam anime ini sangat kental dengan element MMORPG, dan menurutku beberapa hal dalam anime ini seperti sedang memparodikan dunia nyata sekarang. Sampai saat ini anime ini sudah memiliki dua season, dan untuk waktu dekat terlihat tidak akan ada season ke tiga nya.

07. Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka

Anime yang ini mirip dengan Tower of Druaga, hanya saja lebih kental unsur MMORPG nya. Karena meski hanya berupa tatoo dari dewa, tapi jelas itu sebuah stats skill character di sebuah MMORPG. Bercerita tentang sebuah dunia dimana para dewa turun dari langit dan mencari manusia-manusia untuk dijadikan pengikutnya dengan memberi mereka kekuatan. Dan kisah anime ini berpusat ke seorang dewi miskin dan seorang pemuda yang mencoba untuk menaikan status mereka. Hanya punya satu season dan ceritanya masih gitu-gitu aja, tapi yang menarik adalah melihat bagaimana mereka menkonfersi sistem leveling dan building character MMORPG menjadi sebuah ritual dan mitos.

06. Hai to Gensou no Grimgar

Anime yang satu ini punya visual yang paling bagus dari 10 anime lainnya meurutku. Berkisah sekelompok anak yang tiba-tiba terjebak di dunia bernama Grimgar tanpa ingatan masa lalu. Mereka harus berjuang untuk dapat hidup didunia itu. Menurutku anime ini ada yang paling cocok menggambarkan bagaimana sebuah dunia MMORPG bila menjadi sebuah kenyataan. Menghilangkan segala teknologi nya dan menyisakan konsep untuk bertahan hidupnya. Rekomen buat ditonton bagi yang suka fantasy sihir medieval gitu. Meski sekarang baru tayang season pertamanya aja.

05. Overlord

Anime yang ini menghibur karena tokoh utama nya sangatlah IMBA :v bahkan di awal kisah dia adalah seorang overlord dengan kekuatan yang maha dasyat dan tak tertandingi πŸ˜† Berkisah tentang seseorang yang terlempar didunia lain saat sedang ‘online’ diwaktu server game online yang dia mainkan itu ditutup/dimatikan. Tiba-tiba dia dan kastil guild nya pindah kesebuah dunia medieval. Karena dia tidak dapat log off dan tidak tau apapun tentang dunia tersebut, akhirnya dia memutuskan menyamar dan mulai menyelidikinya. Baru tayang season pertama namun sangat menghibur meski kebanyakan ceritanya masih terhitung filer doang. Coba aja ditonton seri satu nya dulu kalo mau :v

04. Accel World

Anime yang ini menceritakan sebuah MMORPG di dunia masa depan. Dimana semua orang sudah dilengkapi sebuah alat seperti komputer dalam kepala mereka. Menceritakan seorang pria pecundang yang kemudian dikenalkan ke sebuah game online yang dapat meningkatkan kecepatan otak nya untuk untuk memproses data. Untuk ceritanya anime ini masih tergolong cerita standard anime fantasy dengan tema anak sekolahan. Namun yang menarik adalah anime ini mengusung sebuah ide tentang gambaran sebuah kehidupan sosial dengan teknologi jaringan online di masa depan, dan entah kenapa aku merasa anime ini seperti SAO dimasa depan. Teknologi di dunia ini seperti pengembangan dari tekologi yang sedang di rintis di dunia SAO.

Untuk posisi tiga teratas ini diisi ama anime yang serupa. Yaitu tentang orang yang terjebak dalam game online. Alur ceritanya pun serupa.

03. .Hack//Sign

Anime yang diangkat dari game. Dengan begitu banyak project multiplatform (lintas media. Misalnya : Game, Anime, Novel, dlsb) untuk membentuk sebuah Universe sendiri. Tapi menurutku selepas dari game nya, dan novelnya yang belum pernah baca (karena kendala bahasa) .Hack//Sign ini yang paling bagus dari sekian 4-5 judul anime .Hack yang ada. Yang membuat menarik dari anime ini adalah ceritanya yang terasa kelam, dengan misteri yang terlihat rumit. Anime ini juga merupakan project anime pertama dari seluruh rangkaian project multiplatform nya. Cuma ga semua orang bakalan suka ama anime ini. Kalau suka misteri-misteri fantasi sci-fi, bisa coba tonton. Kalo penggemar game .Hack ya kudu nontonlah.

02. Log Horizon

Anime yang ini diangkat dari Light Novel. Ceritanya punya plot-plot yang lebih ringan dibanding .Hack//Sign. Namun masih cukup berbobot dibanding anime di list posisi empat sampai sepuluh. Yang menarik dari anime ini adalah jagoan yang jenius berjuluk ‘Penjahat Berkacamata’, yang mencoba membangun sebuah peradaban saat mereka
terjebak di dalam game. Anime ini menghibur karena tidak menghilangkan faktor aksi MMORPG, tapi juga punya plot-plot cerita yang berbobot di tiap Arc nya. Rekomen buat ditonton. Saat ini sudah sampai season dua, ga tau kapan itu season tiga nya muncul. Mungkin nungguin cerita di Light Novel nya banyak dulu kali ya :p

01. SAO (Sword Art Online)

Anime pamungkasnya adalah Sword Art Online. Menurutku cerita anime ini cenderung paling ringan diantara list tiga teratasku. Meski sebenernya misteri yang lebih kelam dari .Hack//Sign, cuma ga pernah ditonjolkan. Ku pilih jadi yang pertama adalah karena anime ini nyaris punya semua elemen anime yang aku suka. Anime ini punya aksi dengan konsep MMORPG yang kental. Anime ini juga punya kisah romansa yang menurutku ga kelewatan porsinya, di beberapa episode anime ini punya cerita misteri detektif dan juga cerita fantasy adventure. Tokoh utamanya pun digambarkan tidak terlalu powerfull, dan menghibur melihat dia berkembang. Sampai sekarang anime ini baru punya dua season, dan rencananya akan dibuat movie nya taun depan. Semoga season tiga nya segera di bikin. Karena bila mengacu pada Novel nya, Arc setelah nya adalah Arc terbaik.

Demikian list anime yang memiliki element MMORPG menurut ku. List ini di update pada akhir tahun 2016. Bila ada anime serupa yang terlewat dalam tulisan diatas, mohon untuk info nya, ok? πŸ˜† Karena genre ini adalah salah satu genre favorit ku dan juga karena database anime ku yang kurang, jadi kalo ada yang terlewat ku tonton info nya akan sangat membantu πŸ™‚

#MyTen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.