Infinity Stones MCU (Update April 30, 2018)

Berhubung dengan film Avengers ke 3 nanti adalah Infinty War. Yang mana inti dari cerita film tersebut adalah summary dari fase satu, dua, dan tiga. Yaitu tentang bebatuan jagad raya yang memiliki kesaktian yang kerap jadi sumber masalah dalam setiap film-film dalam MCU. Bebatuan itu disebut Infinity Stone. Dan karena nantinya Thanos akan mengumpulkanya di film Avenger Infinity Stone, maka saya akan menulis tentang seluk beluk mengenai bebatuan itu. Marilah kita mulai.

Jadi dulunya, sebelum jagad raya terbentuk, empat cosmic entity menciptakan enam kekuatan singular yang berbentuk seperti batu. Yang disebut sebagai Infinity Stones. Setiap batu memiliki kekuatan yang unik dan sangat dasyat. Karena begitu dasyat nya maka tidak sembarang orang bisa menyentuhnya secara langsung. Dan selama bermelenia-melenia batu ini menjadi kekuatan, membantu dan bahkan menghancurkan peradaban-peradaban di alam semesta ini. Dan karena itu ke enam batu ini terpencar di seluruh pelosok alam semesta.

Dan berdasar dari kisah Infinity Gauntlet Saga dari komiknya, maka demi memenangkan hati salah satu dari empat cosmic entity tersebut Thanos mulai mengumpulkan ke enam batu tersebut dan memasangnya pada sebuah sarung tangan mahasakti yang disebut Infinity Gauntlet. Yang mana hanya dengan sekali centikan jari setengah populasi jagad raya musnah. o_o; Tp mungkin hal itu ga bakal terjadi di versi film nya. (Tapi ga pasti juga sih)

wp-1479048780374.jpg

Oke kembali ketopik. Aku bakalan jelasin kesaktiannya dan sekaligus posisinya berdasar dari informasi yang tersebar dalam film nya. (Peringatan tulisan ini mengandung heavy spoiler, duh?!) Baiklah tanpa menjadi berpanjang lebar kita langsung saja inilah ke enam bebatuan tersebut :

space_stone_avengers_age_of_ultron_bluray

  • Space Stone : Dikenal sebagai Teserract, muncul pertama pada perang dunia ke2 di film pertama Captain America First Avenger. Ditemukan oleh Red Skull saat HYDRA menduduki kota Tønsberg. Yang dahulu Tesseract tersebut dibawa oleh Odin ke bumi dengan alasan yang tidak dijelaskan dalam film. Kemudian pada akhir film Captain America pertama, Tesseract tersebut jatuh di lautan Artik sampai kemudian ditemukan kembali oleh Howard Stark (Papa nya Tony Stark) ketika mereka menemukan tubuh Steve Rogers puluhan tahun kemudian. Lalu di film Avenger pertama, Teserract ini digunakan Loki untuk membuka portal bagi para Chitauri menyerbu bumi. Dan pada akhir nya Space Stone ini di simpan dalam gudang penyimpanan di Asgard. Dan seperti namanya Space, batu ini memiliki kekuatan untuk memanipulasi ruang dan dimensi. Sebagai contoh untuk menciptakan portal antara bumi dengan pasukan Chitauri yang jauh di galaxy luar sana dalam film Avenger pertama.

reality_stone_avengers_age_of_ultron_bluray

  • Reality Stone : Dikenal sebagai Aether, sebuah senjata kuno kaum Dark Elves dari Svartalfheim. Ribuan tahun yang lalu pemimpin kaum Dark Elves, Malekith bertujuan menggunakan Aether untuk membuat sembilan dunia berada dalam kegelapan. Lalu Bor ayah Odin (kakek nya Thor) berhasil merampas dan menyembunyikan Aether setelah mengalahkan Malekith. Lalu kemudian di film Thor Dark World tanpa sengaja Jean Foster menemukan Aether dan mengaktif kan nya. Malekith menggunakannya lagi untuk membuat sembilan dunia dalam kegelapan, namun dapat digagalkan. Kemudian Lady Sif danVolstagg menitipkan Reality Stone tersebut ke The Collector untuk menjauhkan nya dari Teserract yang sudah ada dalam gudang penyimpanan Asgard karena berbahaya bila menyimpan dua Infinity Stone secara berdekatan. Kekuatan dari batu ini sangatlah beragam dan random, karena pada dasar nya batu ini berkekuatan membengkokan realita, ato merubah hukum alam. Sebagi contoh batu ini mampu memanipulasi gravitasi dan medan magnet, membuat tornado, mengembalikan anggota tubuh yang hilang, dlsb.

power_stone_avengers_age_of_ultron_bluray

  • Power Stone : Dikenal sebagai The Orb, muncul pertama di film The Guardians of the Galaxy, diambil oleh Star-Lord dari reruntuhan di planet Morag. Tapi sebelum sampai ke tangan peradaban Morag, jauh milyaran tahun yang lalu batu ini di pegang oleh kaum Celestial sebagai alat penghukuman penghancuran planet. Sebelum kemudian ada dalam tangan para Cosmos Beings. Setelah itu the Orb tersebut diperebutkan dan jatuh ketangan Rona, pemimpin Kree garis keras. Yang kemudian bertujuan menggunakannya untuk menghancurkan peradaban kaum Xandar. Dan pada akhirnya batu itu di simpan dalam tempat penyimpanan Nova Corp di planet Xandar. Dan seperti nama nya Power, kekuatan batu ini adalah ‘kuat’. Jadi batu ini bisa menambahkan ketahanan tubuh seseorang atau menambahkan daya serang seseorang. Contohnya batu ini dapat menghancurkan satu planet dalam sekali serang, atau membuat penggunanya (Ronan) bertahan dari serangan dan ledakan.

mind_stone_avengers_age_of_ultron_bluray

  • Mind Stone : Jadi selama ini Mind Stone ada pada permata di tongkat yang Loki gunakan saat penyerangannya ke bumi di film Avenger. Tidak ada penjelasan tentang kepemilikan batu ini di tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja tongkat yang sering dikenal dengan sebutan Scepter ini diberikan oleh The Other atas perintah Thanos kepada Loki saat memimpin para Chitauri. Namun kemudian di ketahui di film Avengers Age of Ultron, bahwa permata yang ada di Scepter itu adalah satu dari Infinity Stones yang berhasil menciptakan kesadaran Ultron dan kemudian menciptakan Vision. Ini adalah salah satu Infinity Stone yang ada di bumi. Batu itu tersemat di kening Vision. Kekuatan batu ini adalah pikiran. Batu ini memiliki kesadaran sendiri. Dan mampu memanipulasi kesadaran mahluk hidup lainnya. Juga memiliki kemampuan menciptakan kekuatan pada manusia. Contohnya batu ini bisa mengontrol orang dan bisa memberi kesadaran pada sebuah Android.

eye_of_agamotto_-_doctor_strange

  • Time Stone : Ada dalam sebuah relic sihir bernama Eye of Agamotto. Ratusan tahun yang lalu penyihir pertama bernama Agamotto menemukan Time Stone ini kemudian menciptakan sebuah relic sihir agar dapat digunakan secara aman dan efektif yang diberinama Eye of Agamotto. Yang kemudian penyihir bernama Cagliostro mempelajari cara penggunaannya dan menuliskannya pada sebuah buku. Relic ini disimpan di Kamar-Taj di Tibet. Kemudian pada film Doctor Strange, Eye of Agamotto ini digunakan oleh Stephen Strange untuk mengalahkan Dormamu. Namun Strange tampaknya tidak benar-benar mengklaim relic itu sebagai miliknya. Karena terlihat pada post-credit scene saat dia bertemu Thor, Strange tidak menggunakan Eye of Agamotto. Jadi kemungkinan besar relic tersebut disimpan ditempat aslinya di Kamar-Taj. Dan sesuai dengan namanya, batu ini memiliki kekuatan untuk memanipulasi waktu. Contohnya batu ini bisa memundurkan atau memajukan waktu sesuai keinginan penggunanya. Bahkan menciptakan sebuah loop (lingkaran waktu yang tidak pernah berhenti.)
  • Soul Stone : Sedang untuk batu ke6 nya ini tidak punya cerita latar belakang. Entah sejak kapan batu ini berada di planet bernama Vormir. Entah bagaimana pula sampai Red Skull (antagonis di film Captain America First Avengers) bisa jadi penjaga ditempat itu. Tidak pernah tahu juga siapa yang membangun tempat untuk pengorbanan itu. Semuanya masih misteri. Kekuatannya pun masih misteri. Hanya saja sedik banyak yang telah terungkap adalah, batu ini bisa berhubungan secara langsung dengan jiwa mahluk hidup. Seperti halnya cara mendapatkan batu ini juga harus dengan mengorbankan jiwa seseorang. Mungkin kedepannya kekuatan dari batu ini akan di jelaskan dalam film-film yang akan datang.

Jadi demikian lah pembahasan untuk Infinity Stones kali ini. Untuk penjelasan runtutan semua film MCU berdasarkan timeline bisa langsung menuju link ini

3 thoughts on “Infinity Stones MCU (Update April 30, 2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.