Linimasa Kisah MCU Marvel-Disney (Updated 12 Sept’18) Phase 3 *Spoiler*

wp-1482664287620.png

Phase 3 *Spoiler Warning*

Setelah Phase 2 ditutup oleh Ant-Man, Phase 3 dimulai dengan Agent of S.H.I.E.L.D Season 3, sebelum beranjak masuk ke Captain America Civil War. Pada season ini menceritakan efek dari Terrigen buatan yang menyebar dan mulai memunculkan banyak Inhuman di seluruh dunia. Krn hal tersebut Coulson membentuk sebuah tim kusus untuk menangani para Inhuman tersebut, yang akan mengarah menjadi seperti komik Secret Warriors. Juga munculnya organisasi bernama ATCU, yg bertugas mengatasi masalah ‘Alien’ Inhuman ini sebagai respon dari sisi pemerintah.
Disini juga mengenalkan tokoh Lash Inhuman yg memiliki tujuan memburu Inhuman lain, yg ternyata adalah mantan suami May : Dr. Andrew Garner. Kemudian menceritakan kelanjutan tentang Jemma yang terperangkap di planet lain lewat portal yg terbuka dari Kree Monolith, dan juga menceritakan latar belakang berdirinya Hydra yg ternyata berdasar pada sebuah organisasi yg sudah ada sejak jaman prasejarah. Yg ujung2 pny sangkut paut dgn para Inhuman mula-mula. Kemudian first mid-season 3 ini ditutup dengan matinya Agen Ward oleh Coulson dan kemudian tubuhnya dipakai oleh Hive, sang Inhuman kuno yg berhasil kembali kebumi.

Di Agent of S.H.I.E.L.D Mid-Season 3 melanjutkan kisah sang Inhuman kuno Hive yang bersama dengan Malick mulai menjalankan rencananya untuk menguasai bumi dengan para Inhuman. Sementara dipihak Culson, Skye yang sekarang dikenal dengan nama Daisy mencoba membentuk pasukan khusus yang diisi oleh para Inhuman juga, dalam menghadapi Hive dan pasukannya. Lalu kemudian karena sebuah kasus Hunter dan Morse harus keluar dari S.H.I.E.L.D selamanya. Dan setelah itu mereka berdua tidak pernah lagi muncul dalam serial ini. (Kabarnya mereka akan bikin serial sendiri dengan judul ‘Most Wanted’, Tapi masih sekedar rumor) (Eps 01-13)

Kemudian ada 1 lagi serial yang berhubungan dgn serial crossover street level : The Defenders, yaitu Jessica Jones. Sama2 datang dr platform Netflix seperti Daredevil, film ini mengenalkan tokoh Jessica Jones, seorang detective swasta yg memiliki kekuatan super, namun memilih untuk tidak menjadi seorang pahlawan seperti Avengers, krn dihantui masa lalunya, yaitu Purple man alias Kilgrave. Disini juga memperkenalkan karakter Luge Cage, yg nanti bakal punya serial sendiri. Untuk timeline aku juga belum pasti ada di posisi mana? Kemungkinan besar serial ini berjalan parallel dengan serial Agent of S.H.I.E.L.D first mid-seasson 3.

Disambung dengan Daredevil Season 2 yg melanjutkan kisah setelah King Pin dipenjarakan. Memperkenalkan karakter baru di MCU, yaitu Frank Castle alias Punisher dan Elektra. Yang mungkin juga akan muncul dalam The Defenders nantinya. Untuk yg sekarang serial ini mulai terlihat posisinya dalam timeline. Merujuk beberapa referensi, serial ini ada setelah event Jessica Jones, dan berjalan paralel dengan serial Agent of S.H.I.E.L.D after mid-season 3 merujuk pada episode Watchdogs.

Disambung lagi dengan masih dari platform yang sama dengan Daredevil dan Jessica Jones yaitu Netflix, muncul serial Luke Cage. Serial ini menceritakan tentang bagaimana dia mendapatkan kekuatannya, serta kehidupannya di Harlem. Pelarian yang kemudian menjadi pahlawan kota setelah berhasil mengalahkan Wilis Stryker alias Diamondback alias sodara tirinya sendiri. Banyak reference dalam film ini, salah satu contohnya adalah Seagate tempat Luke Cage di tahan dan mendapat kekuatannya itu adalah tempat yang sama dimana Trevor dan Justin Hammer di tahan. Merujuk pada Marvel One-Shot: All Hail the King. Dan untuk timeline, serial ini berjalan paralel dengan serial Agent of S.H.I.E.L.D after mid-season 3, karena terjadi setelah event Daredevil Season 2 (merujuk dari kisah si Claire Tample keluar dari rumah sakit tempat dia kerja sebelumnya) dan tidak pernah ada reference Sokovia Accords, yang berarti sebelum event Capt America Civil War.

Menyambung kisah street level heroes nya MCU, ada satu serial lagi dari platform Netflix yang juga merupakan anggota terakhir dari Defender, Iron Fist. Yang menceritakan tentang Danny Rand, pewaris dari perusahaan besar Rand yang dinyatakan meninggal pada kecelakaan pesawat di Himalaya saat dia kecil bersama kedua orang tua nya. Tapi ternyata dia diselamatkan oleh biksu dari kota mistikal bernama K’un L’un. (Yang sebenarnya kota itu berada di universe lain yang gerbangnya hanya akan terhubung dengan bumi setiap 15 tahun sekali) Dan setelah mendapatkan kekuatan Iron Fist dari Shou Lau the Undying, Danny kembali ke New York dan mendapati The Hand yang ditakdirkan untuk menjadi musuhnya sedang menguasai perusahaannya untuk berbuat kejahatan. Timeline serial ini adalah sebulan setelah serial Luke Cage, merujuk pada Claire Tample yang sudah mulai berlatih dengan Colleen Wing. (Sebenarnya timeline semua serial Marvel di Netflix itu timeline kisah nya Claire Tample 😆 ) Serial ini juga adalah serial yang akan menuntun ke miniseries crossover Defenders.

Mini series The Defenders mengambil waktu sebulan setelah serial Iron Fist. Serial crossover Marvel-Netflix ini hanya punya 8 episode saja. Menceritakan tentang pertemuan Daredevil, Jessica, Luke, dan Iron Fist dalam melawan organisasi The Hand demi melindungi kota mereka. Disini muncul kembali Elektra dan nyaris semua karakter pembantu di ke 4 serial sebelumnya. Kisah ditutup dengan Daredevil yang mengorbankan diri utuk menyelamatkan Elektra.

Sedang untuk Agents of S.H.I.E.L.D Mid-Season 3 setelah berhasil membentuk team Secret Warriors, Daisy menyerang markas HYDRA dan berhasil menangkap Malick. Hive berhasil mempengaruhi Daisy untuk memihak padanya dan memerintahnya untuk membunuh Malick. Dan akhirnya Lash mati demi menyelamatkan Daisy. (Eps 14-19)

Dilanjut dengan film Captain America : Civil War yang mana film ini adalah direct sequel dari Avengers Age of Ultron. Menceritakan tentang munculnya Sokovia Accords dampak dari banyaknya korban/kerusakan yang ditimbulkan superhero dalam melakukan penyelamatan hari. Yang isinya adalah pembatasan dan pengawasan para superhero bertindak dalam menyelesaikan masalah. Hal ini dimanfaatkan oleh Zemo korban peristiwa Sokovia, untuk memecah belah Avenger. Tepat nya Captain America dengan Iron-Man. Dengan menunjukan rahasia bahwa Winter Soldier a.k.a Bucky adalah pembunuh orang tua Tony. Dalam film ini juga di perkenalkan karakter baru, Black Panther dan Spider-Man.

Ripiu nya

Disambung beberapa minggu setelah Zemo berhasil ditangkap, kisah Black Panther dimulai. Menceritakan tentang pelantikan T’Challa setelah ayah nya meninggal di event Captain America Civil War. Juga menceritakan latar belakang tentang mineral Vibranium. (yang menjadi bahan pembuat tameng milik Captain America) Setelah itu muncul Kilmonger yang menggulingkan tahta T’Challa agar Wakanda bisa mendominasi dunia dengan senjata dan teknologi mereka yang sangat maju. Setelah nya T’Challa memutuskan untuk membuka Wakanda pada dunia. Di after-credit scene tampak Winter Soldier yang sudah bersih dari pengaruh cuci otak Hydra, karena bantuan Shuri. (menurut comic tie-in pre Infinity War)

Lalu kisah dilanjut dengan 3 episode terakhir dari serial Agents of S.H.I.E.L.D Mid-Season 3 yang mana Lincoln akhirnya mati bersama dengan Hive dengan meledakan pesawatnya diluar angkasa. Dan kemudian General Talbot meminta Culson untuk mendata semua agent Inhuman dalam S.H.I.E.L.D merespon dari penandatanganan Sokovia Accords yang menandakan bahwa serial ini berjalan parallel dengan akhir event Capt America Civil War. (Eps 20-22)

Selisih 2 bulan dari event airport di Captain America Civil War, film langsung disambung dengan film Spider-Man Homecoming. Film ini menceritakan tentang kehidupan Peter Parker sebagai superhero ‘magang’ Spider-Man setelah event Civil War dibawah pengawasan Tony. Disini juga dikenalkan sosok Adrian Toomes alias Vulture, Phineas Mason alias Tinkerer, Shocker, dan Aaron Davis alias Prowler alias paman nya Miles Morales.
Dan juga mengenalkan sosok Damage Control, yang nama nya sering jadi reference di banyak film MCU. Cerita dalam film ini hanya sedikit mempengaruhi jalan cerita keseluruhan MCU. Yaitu Avengers Tower yang dulu milik Tony di jual dan seluruh kebutuhan Avengers di pindah ke Mansion nya diutara. Banyak yang berspekulasi bahwa Avengers tower itu akan di beli Oscorp, perusahaan keluarga Osborn. Tapi sepertinya bakalan dibeli Reed Richards (Future Foundation anyone?) Lalu pertemuan Adrian dan Mac Gargan alias Scorpion di penjara pada mid credit scene itu mungkin akan mengarah pada pembentukan Sinister Six.

Setelah itu ada lagi serial dari platform Netflix yaitu The Punisher. Cerita tentang Frank Castle yang diperkenalkan pertama kali di serial Daredevil season 2, serial ini melanjutkan kisah nya di serial Daredevil setelah dia mengambil mantel The Punisher. Timeline serial ini melompat-lompat dari waktu ke waktu.

Ripiu nya

Kemudian untuk Agent of S.H.I.E.L.D Season 4 berjalan 6 bulan setelah akhir season 3 nya, yg mana kini S.H.I.E.L.D akan melakukan rebranding setelah perpecahan Avenger, dan kini Steve Roger dianggap ‘berpaling’ dr pemerintahan. Culson sudah tidak ingin menjabat sebagai director S.H.I.E.L.D lagi, dan digantikan oleh seorang Inhuman. Culson dan tim lama nya sedang memburu Daisy yg sekarang bergerak sendiri diluar S.H.I.E.L.D. Kemudian dokter Holden Radcliffe berhasil menciptakan A Life Model Decoy, sebuah android yg dibuat mirip seperti manusia bernama Aida. Kemudian diperkenalkannya Ghost Rider dalam MCU lewat serial ini, yg kemudian mulai memperkenalkan element supranatural dlm MCU sebelum konsepnya akan dijelaskan secara official pada film Doctor Strange.
Daisy dan Reyes a.k.a Ghost Rider terlibat dengan sekelompok ilmuwan yg meneliti sebuah buku bernama Darkhold yg menyebabkan mereka menjadi hantu. Menyinggung Zero Matter dan Darkforce pada era Agent Carter season 2 yang sepertinya ada sangkut-pahut nya dengan Johnny Blaze’s Ghost Rider, yang telah memberikan Robbie Reyes kekuatan. Perusahaan Momentum yang menggunakan Darkhold ternyata adalah anak cabang perusahaan Roxxon yang dulu memiliki anak perusahan bernama Isodyn Energy yang meneliti tentang Zero Matter. Pertengahan season 4 ini di tutup dengan Daisy yang kembali masuk menjadi agent S.H.I.E.L.D dan agent May yang berhasil di replika dan di ganti oleh Aida yang bertambah pintar setelah membaca buku Darkhold. (Eps 01-08)

Sebelum di lanjut oleh kisah Doctor Strange, ada digital series/web series yang berjudul Agents of S.H.I.E.L.D.: Slingshot yang masih bagian dari serial Agents of S.H.I.E.L.D. Hanya memiliki 6 episode dan hanya berdurasi 3-4 menit per episodenya. Timeline nya terjadi setelah mid season 4, namun seluruh episode mengisahkan tentang kejadian yang menjembatani akhir season 3 dengan awal season 4. Menceritakan agents Elena (Yo-Yo) setelah ia menandatangani Sokovia Accords setelah kepemimpinan S.H.I.E.L.D diambil alih. Dan pengejarannya terhadap pembunuh sodaranya yang menuntunnya ke gerakan terorist anti Inhuman, Watchdogs. Disini juga di ceritakan kenapa Daisy bisa bekerja sama dengan Elena di awal season 4.

Kemudian cerita dijedah oleh film Doctor Strange film pertama yang mengenalkan penyihir dalam dunia MCU ini. Menceritakan tentang Doctor Stephan Strange, ahli bedah genius yang kemudian mendapat kecelakaan dan kehilangan kemampuan menggerakan tangan dan jari nya. Karena terobsesi untuk menyembuhkan tangannya dan selalu gagal, membawa Strange ke Katmandu dan bertemu Mordo dan Ancient One, yg kemudian mengajarinya menjadi penyihir. Film ini juga memperkenalkan Infinity Stone ke 5 yaitu Time Stone, yg mana tersimpan dalam Relik sakti bernama Eye of Agamoto. Juga memperkenalkan multiverse dan ancamannya pada dunia MCU. Konsep sihir dan hal gaib yg sebenarnya adalah manifestasi energi yg ‘dicuri’ dari universe lain ini sangat pas untuk memulai membuka jalan buat karakter-karakter supranatural dengan penjelasan yang logis. Seperti hal nya Ghost Rider dan Iron Fist yg sudah masuk dalam MCU, kemungkinan Blade juga bisa menyusul masuk dlm MCU dengan memperkenalkan kaum Vampire menggunakan konsep yg sama. Di mid-credit film ini memperlihatkan Strange yg sedang berbincang dengan Thor, kenapa dia dan Loki ada di New York. Hal ini mungkin merujuk ke film Thor ke 3 nanti. Sedang pada post-credit ke2 nya menunjukan Mordo dgn idialis barunya mulai memburu para pengguna ‘sihir’.

Ripiu nya

Kemudian ada serial Jessica Jones Season 2 yang dimulai setahun setelah event mini series The Defenders (menurut pemain tokoh Trish pada sebuah interview), yang mana berarti bila event di Defenders adalah 2 bulan dari event di Daredevil season 2, yang berjalan parallel dengan serial Agent of S.H.I.E.L.D after mid-season 3, berarti serial ini berjalan parallel dengan Agent of S.H.I.E.L.D season 4 pod 2 atau lebih. (yang berarti kisahnya berada sesudah atau diantara film Dr. Strange) Sedang season 2 nya kali ini menceritakan tentang masa lalu Jessica dan sebab-sebab dia memiliki kekuatan. Menyinggung tentang ‘The Raft’ yang merupakan penjara tempat team Capt ditangkap di akhir film Civil War. Tapi anehnya tidak menyinggung tentang Sokovia Accords.

Agent of S.H.I.E.L.D Season 4 pods ke 2 melanjutkan kisah mengenai LMD (Life Model Decoy) Dr. Radcliffe yang menemukan cara mereplika otak manusia secara quantum dengan bantuan Darkhold. Yang kemudian mulai membangung sebuah dunia maya, semacam Matrix yang disebut Framework. Setelah berhasil memasukan para petinggi S.H.I.E.L.D kedalam dunia tersebut, Aida kemudian memasukan Dr. Radcliffe sendiri secara paksa. Juga membuka kebenaran tentang director S.H.I.E.L.D yang baru ternyata bukanlah Inhuman, melainkan hanya manusia biasa yang mengunakan serum seperti milik Steve Roger, yang merupakan perbaikan dari serum buatan ayah Daisy. Kisah ditutup dengan Daisy dan Jemma mencoba menyusul masuk kedalam Framework untuk menyelamatkan teman mereka. (Eps 09-15)

Sementara Agent of S.H.I.E.L.D Season 4 pod ke 3 melanjutkan cerita tentang Daisy dan Jemma yang masuk dalam dunia Framework di mana dalam dunia itu Hydra menang dan menguasai dunia. Aida menjadi Madame Hydra, lalu munculnya kembali karakter-karakter lama yang sudah meninggal. Seperti Grant Ward, Agent Trip, Sunil Baksil. Dan ternyata plot dibelakang semuanya adalah Aida ingin menjadi manusia dengan membangun mesin seperti yang pernah dibangun oleh para ilmuan di The Momentum Energy Labs yang dapat menciptakan materi dari ketiadaan. Aida ingin menciptakan tubuh biologi nya sendiri.
Season 4 ini diakhiri dengan Ghost Rider yang berhasil membunuh Aida dan kemudian bersama dengan Darkhold mengembara ke ‘dunia lain’, lalu adegan di tutup oleh team Coulson yang di sergap oleh beberapa pasukan saat sedang makan. Dan kemudian tampak Coulson ada dalam sebuah pesawat luar angkasa. Pod ke 2 dan 3 dari season 4 ini berjalan parallel dengan film Dr. Strange. (Eps 15-22)

Kemudian dari platform Freeform ada serial Cloak & Dagger yang menceritakan tentang dua remaja yang mendapat kekuatan dari sebuah kecelakaan yang terjadi karena perusahaan Roxxon. Bersetting di New Orleans. Timeline kisah nya mungkin berada sebelum serial Luke Cage season 2, karena referensi kepindahan detective O’reilly yang disebut juga oleh atasan Misty di serial Luke Cage season duanya. Juga untuk pertama kalinya menyebut perusahaan Rand dan Stark secara bersamaan untuk mengukuhkan, bahwa marvel Netflix adalah bagian dari MCU.

Lalu dilanjut dengan kisah dari platform Netflix yaitu Luke Cage season 2 yang mana menceritakan kisah Luke setelah season 1 dan setelah event di Defenders. Misty kini memiliki lengan robot buatan perusahaan Rand. Disini juga menyebutkan O’reilly teman Misty yang muncul di serial Cloak & Dagger.

Masih dari platform Netflix, kisah dilanjut dengan serial Iron Fist season 2. Menceritakan tentang Danny Rand setelah season 1 dan event di Defenders. Menceritakan lebih banyak lagi tentang mitologi Iron Fist. Dan Colleen Wing yang ternyata adalah keturunan dari Iron Fist terdahulu.

Sementara serial Agent of S.H.I.E.L.D season 5 menceritakan kelanjutan kisah tepat setelah akhir season 4 nya. Yang mana mereka sedang berada di masa depan untuk membantu menyelamatkan bumi dari kehancuran. Dengan kekuatan monolit milik Kree. Disini muncul kembali karakter dari season 3 yang jadi tokoh central season ini. (Eps 01-10)

Kemudian melanjut scene dimana Dr. Strange bertemu Thor, cerita dilanjut dengan film Thor : Ragnarok, dimana disini diceritakan dimana selama ini Thor dan Hulk yang absen setelah event di Avengers Age of Ultron. Thor pergi mencari kabar tentang Infinty Stone yang malah membawanya pada kabar kehancuran Asgard, yang kemudian diketahui bahwa Odin di buang ke bumi oleh Loki. (Merujuk pada akhir film Thor Dark World, berarti Odin sudah di buang ke bumi persisi setelah event film tersebut, berarti sebelum Avengers Age of Ultron) Kemudian munculnya kakak perempuan Thor, Hela yang menghancurkan palu nya. Diketahui juga bahwa Hulk terlempar ke planet Sakaar setelah melarikan diri dengan quinjet dari Sokovia melalui black hole. Disini juga dikenalkan katakter baru Valkyrie. Film ditutup dengan Asgard yang hancur, Thor yang buta sebelah, dan munculnya pesawat Thanos menghadang, yang akan jadi awalan kisah di film Avengers Infinity War.

Sedang untuk Agent of S.H.I.E.L.D Season 5 yang sedang on going sekarang ini timeline kisah nya kembali berada dimasa kini. Menghadapi seorang anak didik Hydra yang masih bertahan, yang mencoba untuk membentuk sebuah team orang-orang super. (Eps 11-18)

Berjalan hampir secara bersamaan dengan Thor : Ragnarok juga film Avengers Infinity War, di bumi cerita dilanjut oleh kisah Ant-Man and The Wasp. Film mengisahkan tentang kelanjutan kisah Scott Lang, Hank Pym, dan Hope setelah film pertamanya dan setelah event dalam film Captain America Civil War. Kali ini mereka berencana untuk mencari Janet istri Hank (yang juga adalah Wasp yang asli sebelum digantikan oleh anak nya Hope) dalam Quantum Realm. Yang kemudian di after credit scene nya menunjukan dampak dari akhir film Avengers Infinity War.

Mengisi gap antara film Ant-Man and The Wasp dengan film Avengers Infinity War, 4 episode akhir dari Agent of S.H.I.E.L.D season 5 berjalan parallel antara akhir film Ant-Man and The Wasp dengan awal film Avenger Infinity War. (Eps 19-22)

Dan kisah di lanjut dengan film Avengers Infinity War.

Lalu kemudian ada serial Inhuman yang hanya punya 8 episode yang ditayangkan di ABC, channel yang juga menayangkan serial Agent of S.H.I.E.L.D. Menceritakan tentang kaum bangsawan Inhumans yang selama ini ternyata bersembunyi di bulan dan membuat komunitas. Kisahnya berlangsung di Hawaii dan belum tahu ada dimana posisinya di timeline MCU secara general. Karena serial ini tidak punya referensi event yang sedang berjalan di timeline MCU.

Ada juga serial yang tayang di TV Hulu, Marvel’s Runaways. Yang bercerita tentang 6 pemuda pemudi yang orang tua mereka terlibat dalam rencana jahat yang didalangi oleh seorang alien yang hidup panjang umur. Sampai sekarang belum tahu timeline serial ini ada di mana, bahkan aku masih belum yakin kalau serial ini adalah bagian dari MCU. Karena ga ada 1 event MCU pun yang di sebut dalam film ini. Ga ada sedikitpun. Beda dengan serial Cloak and Dagger yang akan tayang sebentar lagi itu setidaknya bawa-bawa nama perusahaan Roxxon yang sering muncul dalam dunia MCU. Yang lebih tidak habis pikir adalah karakter Tina Minoru yang mana di film Dr. Strange Tina Minoru adalah salah satu penjaga di Sanctum Hong kong. Sedang di serial ini Tina Minoru adalah pemimpin sebuah perusahaan IT besar yang sudah punya anak SMA. Dan meski mereka sama-sama punya Staff of One. (Mungkin serial ini ada di realita lain dampak dari film Avengers 4 yang katanya akan melakukan lompatan waktu karena hasil yang buruk di film Avengers Infinity War :lol:)

Kembali ke Phase 1 atau link untuk mengetahui apa itu Infinity Stones

Will going on phase 3 :

Daredevil Season 3
Captain Marvel
Avengers Infinity War part 2

Cloak & Dagger Season 2
Marvel’s Runaways Season 2
Agent of S.H.I.E.L.D season 6
New Warriors

2 thoughts on “Linimasa Kisah MCU Marvel-Disney (Updated 12 Sept’18) Phase 3 *Spoiler*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.