Linimasa Kisah MCU Marvel-Disney (Updated Jun’17) Phase 2 *Spoiler*

marvel-cinematic-universe-phase-two-logo-1024x575

Phase 2 *Spoiler Warning*

Kisah MCU phase ke dua dimulai dengan film Iron Man 3 yang menceritakan kisah Tony Stark setelah event Avengers. Munculnya Mandarin dibalik group terroris Ten-Ring yang pernah menyekap Tony di seri pertama, yang ternyata adalah Trevor Slattery, boneka dari Aldrich Killian yang sengaja memakai nama Ten-Ring untuk menciptakan perang demi keuntungannya sendiri dengan menciptakan super soldier dari virus bernama Extremis. War Machine berubah menjadi Iron Patriot, dan Tony kemudian menghancurkan semua baju tempurnya. Dan pada akhirnya melepas Arc Reactor dari dadanya. (seolah menyimbolkan akhir dari kisah Iron Man yang memang rencananya tidak akan punya solo film lagi) Cerita dalam film ini nyaris tidak memiliki koneksi apapun terhadap film crossover selanjutnya. Hanya saja di akhir film tampak Tony bersama Bruce yang merujuk pada project mereka tentang Veronica yg ada di film Avengers ke 2.
Dan kemudian diceritakan di Marvel One-Shot: All Hail the King bahwa kelompok Ten Ring marah besar dan hendak membunuh Trevor karena memakai nama Mandarin dengan seenaknya. Dan hal itu menunjukan bahwa Mandarin yang sebenarnya itu ada dan bukanlah Aldrich Killian.

Ripiu nya

Agents of S.H.I.E.L.D Adalah side story kisah serial yang berjalan parallel dengan film layar lebarnya. Berkisah tentang kebangkitan Agent Coulson dan pembentukan tim agent rahasia nya. Berpusar pada Skye salah satu recruiter dalam tim tersebut. Kisahnya selalu terpengaruh update cerita dari film layar lebarnya. Seperti halnya mereka mulai menangani kasus yang bersangkutan dengan Extremist yang ada di film Iron Man 3. Para Avengers masih belum tahu mengenai keberadaan Coulson yang hidup kembali. Dia dihidupkan oleh Nick Fury beberapa minggu kemudian setelah kematiannya dengan DNA yang diambil dari seorang Alien. Kree. (Eps 01-07)

Kemudian disambung oleh film Thor : The Dark World melanjutkan kisah Thor setelah apa yang dilakukan Loki pada bumi di event Avengers. Kemudian munculnya konflik baru perebutan senjata kuno yang di sebut Aether yang juga adalah satu dari Infinity Stone, oleh Dark Elves. Kisah diakhiri dengan disimpannya Aether di tempat Taneleer Tivan, the Collector di Knowhere. Loki berhasil mengelabuhi Asgard dengan menyamar sebagai Odin dan Thor merelakan tahtanya untuk kembali kebumi.

Ripiu nya

Sedang di Agents of S.H.I.E.L.D tim rahasia Coulson ditugaskan untuk menangani area di Greenwich University setelah pertarungan Thor dengan Malekith di film Thor : The Dark World. Kemudian munculnya Lolerai yang diikuti oleh Lady Sif yang datang mengejarnya. Juga diketahui bahwa Skye adalah salah satu dari 0-8-4 (code name buat benda yang tidak diketahui asal usulnya) yang ditemukan di Hunan pada saat dia masih bayi. (Eps 08-16)

Dan lalu cerita dilanjut ke 2 tahun setelah event Avengers oleh film Captain America : The Winter Soldier yang merupakan titik balik jalan cerita yang akan mengarah pada film crossover kedua nya. Munculnya sahabat lama Steve Roger, Bucky Barnes sebagai Winter Soldier, yang spekulasi : mungkin akan mengantikan posisi Steve Roger sebagai Captain America setelah film ke tiganya Civil War, juga diperkenalkan lagi tokoh baru yaitu Sam Wilson a.k.a Falcon. Kemudian twist cerita yang ternyata HYDRA selama ini bersembunyi di dalam tubuh S.H.I.E.L.D dan kematian Nick Fury yang dipalsukan. Film ditutup oleh adegan Baron Von Strucker dengan tongkat milik Loki, yang sedang menatap ke arah si kembar Maximoff. Wanda dan Pietro.

Ripiu nya

Sementara di Agents of S.H.I.E.L.D cerita berjalan pararel dengan event di film Captain America : The Winter Soldier dan after match nya. Efek dari HYDRA yang menunjukan diri ke publik membuat kekacauan di tubuh S.H.I.E.L.D banyaknya agent-agent yang ternyata adalah HYDRA juga berdampak pada salah satu agent tim Coulson, yaitu Agent Ward. Kemudian Nick Fury menunjuk Coulson sebagai Director S.H.I.E.L.D yang baru. Dan meminta untuk membangun kembali S.H.I.E.L.D sementara dia mencoba menyelidiki keberadaan HYDRA diam-diam. Akhir dari season satu serial ini adalah dengan dikalahkannya John Garret dan Coulson yang mulai menggambar simbol-simbol aneh yang dia sendiri pun tidak tahu, karena efek DNA alien dalam tubuhnya. (Eps 19-22)

Kisah selanjutnya disambung dengan film Guardians of the Galaxy yang untuk sementara tidak memiliki sangkut-paut langsung dengan kisah yang ada di bumi, dengan film crossover yang akan datang. Avengers: Age of Ultron. Film ini adalah pengenalan tokoh dan cerita awal terbentuknya group Guardian of the Galaxy. Yang menjadi penyambung film ini dengan cerita lain yang sedang berjalan, adalah the Collector yang muncul di akhir film Thor : the Dark World. The Collector juga mengincar salah satu dari Infinity Stone yang disebut the Orb, yang juga adalah inti cerita dari film ini. Dan disini baru dijelaskan tentang 6 Infinity Stone, tentang 6 singularity sebelum jagat raya terbentuk, kemudian menjelma menjadi 6 batu yang maha dasyat, yang mana Tesseract, Aether, dan Orb termasuk didalamnya. Menghadirkan lawan Ronan The accuser, yang juga sebagai pengenalan secara resmi ras Kree pada MCU. Serta kemunculan kembali ‘The Other’ dan Thanos.

Repiu nya

Nah kemudian seri ke 2 film ini harus nya secara chronology ada dalam phase 2 ini namun secara release ada dalam Phase 3, karena agar cerita lebih mudah di ikuti maka aku akan memasukan Guardian of Galaxy Vol 2 ini ke phase 2. Beberapa bulan setelah kisah petualangan Peter Quil dan teman-temannya setelah berurusan dengan Infinity Stone di film sebelumnya. Kali ini film menceritakan tentang ayah Peter yang ternyata adalah Celestial. Yang kemudian berencana untuk mengambil alih galaxy. Disini diperkenalkan tokoh baru seperti Mantis, kemudian Stakar alias StarHawk (yang kemungkinan akan punya spin off *harapan ku* karena pada akhir film Stakar mengumpulkan tim Ravagers lamanya, yaitu Martinex, Aleta, Charlie 27, Mainframe, ama Krugarr si Sorcerer Supreme dimensi lain. Yang mana merujuk dari kisah di komiknya, mereka itu ditambah Yondu adalah Guardian of Galaxy 1969 team) Kemudian diperkenalkan juga tokoh Ayesha atau Kismet atau ‘Her’ yang merupakan pemimpin sebuah ras bertubuh emas bernama Sovereign. Yang pada akhir film tampaknya dialah yang menciptakan si Adam Warlock. Di film ini sudah mulai melibatkan dimensi lain seperti yang di perkenalkan di film Doctor Strange. Monster yang mereka lawan pertama kali di awal film adalah mahluk dari dimensi lain yang tertarik dengan energi dari baterai kaum Sovereign. Dan juga disini diperlihatka bahwa sosok yang selama ini selalu jadi cameo di hampir semua film Marvel yaitu Stand Lee adalah karakter yang sama, yang entah bagaimana bekerja di bawah The Watcher untuk mengamati dunia. (Yang aneh nya adalah pada saat Stand Lee bercerita ke The Watcher bahwa dia pernah jadi kurir Fedex, yang mana maksudnya adalah cameo dia di film Civil War harus nya hal ini belum terjadi)

Ripiu nya

Sedang dalam Agents of S.H.I.E.L.D Season 2 Coulson mulai membangun S.H.I.E.L.D kembali secara diam-diam, dan kemudian munculnya ayah kandung dari Skye dan Whitehall yang mengungkap jati diri Skye yang adalah separuh manusia separuh Inhumans. Karena ibu kandung Skye adalah seorang Inhuman. Ditambah berhasilnya Coulson memecahkan masalah simbol-simbol yang dia gambar, yang ternyata adalah sebuah kota. Kota dari komunitas Inhumans.
Setelah mereka berhasil mendatangi kota tersebut, Skye dan Riana terpapar Terrigen Mist dari Diviner dan membangkitkan DNA Kree dalam tubuh mereka.
Pada pertengahan season ke2 nya kini diketahui bahwa sebenarnya Skye adalah Daisy Johnson a.k.a Quake yang memiliki kemampuan semacam memanipulasi getaran. Dan penjelasan awal tentang kaum mereka oleh salah satu kaum Kree yang datang ke bumi karena mendapat signal bahwa salah satu Diviner baru saja diaktifkan. Bahwa Inhuman itu sebenarnya adalah percobaan genetika para Kree sebagai senjata tempur saat perang Kree ratusan tahun yang lalu.

Dan setelahnya pada Agents of S.H.I.E.L.D Mid-Season 2, disamping Skye yang mulai mengenal tentang kaumnya dan bertemu ibu nya yang ternyata tidak meninggal, muncul organisasi baru yang menamakan diri mereka sebagai true S.H.I.E.L.D dibawah pimpinan Robert Gonzales yang mencoba mengambil alih tim Coulson dengan menyusupkan agent Bobbi Morse a.k.a Mockingbird dan Alphonso Mackenzie. Sebab merasa Coulson adalah ancaman karena memiliki semua rahasia dari Nick Fury. Yang kemudian mengarah pada Theta Protocol dan pengejaran petinggi Hydra yang masih tersisa.

Dr. List adalah salah satu petinggi Hydra yang masih tersisa disamping Baron von Strucker, yang mulai tertarik dengan orang-orang berkekuatan a.k.a Enhanced atau para Inhuman dan mulai memburu mereka untuk dijadikan bahan percobaan. Yang kemudian mereka berhasil menciptakan si kembar Maximoff dengan bantuan tongkat Loki, merujuk pada mid-credit scene di film Captain America : The Winter Soldier. Dan juga pada episode-episode akhir serial ini menceritakan prolog event Avengers : Age of Ultron, dimana Coulson berhasil mengetahui posisi persembunyian Baron Von Strucker di Sokovia, dan kemudian membocorkan nya ke Avengers lewat Agent Hill.

Sementara Episode terakhir season 2 yang berjalan pararel dengan event yang ada di Avengers : Age of Ultron ini, akhirnya berlanjut dengan diketahui nya niatan ibu Skye untuk menyebar Terrigen Mist buatan keseluruh dunia dan memulai peperangan antara Inhuman dengan manusia. Namun Skye berhasil mencegah dan terpaksa membunuh ibu kandung nya sendiri. Sementara epilog serial ini adalah berhasil menyebarnya Terrigen Mist buatan itu di dalam lautan yg partikelnya masuk dalam tubuh ikan dan kemudian diolah menjadi minyak ikan yang siap dipasarkan keseluruh dunia. Yang menurut tebakan ku di season ke 3 nya bakalan banyak Inhuman-Inhuman yang baru bermunculan karena efek Terrigen Mist buatan yang ada dalam minyak ikan tersebut. Di sini diperkenalkan juga karakter lama yang muncul sebagai karakter baru yaitu Michael “Mike” Peterson a.k.a Deathlok. (Eps 01-22)

Kemudian ada 1 Serial lagi kerjasama Marvel dengan Netflix berjudul Daredevil, hanya saja aku belum tahu pasti Timeline nya pada MCU ini. Tapi yang jelas beberapa tahun kemudian setelah penyerangan Chitauri di event Avengers pertama. Yang mengisahkan seorang pengacara buta yang meiliki kelebihan, mencoba untuk mengamankan kota nya dari penjahat. Dan juga kisah tentang lahirnya sang raja penjahat King Pin. Rencana kisah ini akan dilanjut dengan serial Jessica jones, Luke Cage, dan Iron Fist. Yang kemudian akan menuju ke pembentukan Defender. Entah karakter-karakter dalam Defender akan ikut muncul sebagai cameo dalam Civil War tahun depan atau tidak. Karena rencananya Jessica Jones akan release Desember besok, dan kemungkinan Luke Cage akan release April 2016. Sedang Mei Civil War sudah release. Sedangkan masih ada 1 serial lagi Iron Fist, sebelum ke serial Defender.

Kemudian kisah MCU ini dilanjut dengan kehadiran film crossover ke 2 Avengers: Age of Ultron yang mana film ini terjadi beberapa waktu setelah film Captain America : The Winter Soldier. Kisahnya dibuka dengan adegan penyerangan Avengers ke markas Baron Von Strucker dikota fiktif bernama Sokovia. Disamping untuk menghentikan Baron von Strucker, Avengers juga berniat mengambil kembali Tongkat Loki untuk dibawa kembali ke Asgard oleh Thor. Namun sesampainya disana Avengers berhadapan dengan si kembar Maximoff. Setelah berhasil mengamankan tongkat Loki, Avengers kemudian kembali ke markas mereka : Avengers Tower yang dulunya adalah Starck Tower, Tony meminta waktu 3 hari untuk menyelidiki tongkat itu sebelum Thor membawa nya kembali ke Asgard. Setelah melakukan penyelidikan akhirnya si Tony dan Bruce menemukan bahwa di dalam permata tongkat itu ada semacam algoritma kecerdasan buatan. Itulah kenapa ada banyak tubuh robot di kastil Strucker. Hydra sedang mencoba memindahkan kecerdasan buatan itu kedalam tubuh robot, namun tampaknya tidak berhasil. Kemudian Tony mendapat ide dengan mencoba memasangkan kecerdasan buatan itu kedalam program peace keeper nya yang bernama Ultron tanpa memberi tahu siapapun kecuali Bruce.

Berkat bantuan J.A.R.V.I.S, Ultron berhasil ‘hidup’ yang kemudian mulai belajar dan berkembang dengan menyebar keseluruh dunia melalui internet. Dan pada hari terakhir saat mereka mengadakan pesta di Avengers Tower, Ultron yang terlebih dulu menghabisi J.A.R.V.I.S, kemudian menampakan dirinya dalam tubuh Iron Legion dan menyerang Avengers, lalu pergi dengan mencuri tongkat Loki. Ultron melarikan diri ke Sokovia untuk membuat tubuh yang baru. Dan kemudian meminta si kembar bekerja untuk nya dengan memanfaatkan kebencian mereka kepada Starck. Kematian Strucker di dalam penjara dan hilangnya semua data tentangnya, membuat Avengers menemukan petunjuk bahwa Ultron sedang mencari Vibranium dari Ulysses Klaue di Afrika Selatan. Namun penyerangan Avengers kali ini gagal karena ulah Wanda. Hulk pun mulai mengamuk di tengah kota, dan Iron Man pun mencoba menghentikannya dengan armor Veronica yang di desain oleh Bruce untuk menaklukan dirinya sendiri. Setelah itu mereka diungsikan darurat ke rumah Hawkeye di pedesaan. Dan terbongkar bahwa Hawkeye memiliki Istri dan 2 orang anak, plus 1 lagi yang masih dikandungan. Kemudian Thor pergi menemui Dr. Erik karena penasaran dengan mimpi yang dia lihat saat Wanda masuk dalam pikirannya, untuk mengantarkannya ke sebuah sumber air. Cuma aku masih belum terlalu paham sebenarnya sumur apaan itu. Tp dr sumur itu Thor mendapat gambaran tentang bencana yg akan datang.

Kemudian Bruce sadar kalau tujuan Ultron bukan untuk menghancurkan umat manusia, namun tujuannya adalah berevolusi. Yaitu memiliki tubuh yang bukan terbuat dari logam. Avengers pun melunjur ke Korea, ketempat Dr. Cho yang berhasil membuat organ tiruan yang sempurna. Ultron menanamkan isi permata dari tongkat itu kedalam tubuh barunya, yang ternyata adalah Mind Gem. Salah satu dari Infinity Stone. Namun belum sempurna Ultron mengunggah dirinya ke dalam tubuh tersebut, Avengers berhasil mengambil alih tubuh baru itu. Dan Tony menggatikan data Ultron dengan J.A.R.V.I.S dalam tubuh tersebut. Alhasil dengan bantuan Thor lahirlah Vision. Dan kemudian bersama-sama mereka mencoba menghentikan Ultron yang akan menghancurkan bumi dengan mengangkat kota Sokovia lalu menjatuhkannya agar berdampak seperti sebuah tambrakan meteor.

Film ini ditutup dengan Thor yang merasa Mind gem aman ada bersama Vision kemudian kembali ke Asgard, Bruce yang kabur entah kemana, Tony dan Hawkeye yang pensiun dari Avengers, kemudian Steve & Natasha membentuk New Avengers dengan anggota baru : Si Wanda Maximoff, Falcon, War Machine, dan Vision.
Kemudian pada mid-credits scene tampak Thanos yang mengambil Infinity Glove nya dan mulai turun tangan sendiri untuk mengumpulakan Infinity Stone.

Ripiu nya

Dan Phase kedua ini ditutup oleh film Ant-Man yang merupakan pengenalan tokoh Hank Pym sang Ant-man lama dan Scott Lang sang Ant-Man baru. Kisah awal film menceritakan tentang Hank Pym yang merupakan salah satu anggota S.H.I.E.L.D awal-awal yang berhasil menemukan serum untuk mengecilkan partikel. Dia keluar dari S.H.I.E.L.D karena S.H.I.E.L.D mencoba untuk mereplika serum nya yang menurut dia sangat berbahaya bila dibuat senjata. Dan kemudian balik ke masa kini, berkisah tentang Scott Lang, pencuri profesional yang akhir nya keluar dari penjara beberapa bulan setelah event di Sokovia. Yang ternyata Hank Pym sudah mengincar nya untuk menjadikannya Ant-Man yang baru. Tugas pertama Scott Lang adalah untuk menghancurkan semua data serta baju yang sama dengan baju Ant-Man buatan anak didik Hank Pym, Darren Cross, yaitu Yellow Jacket. Di film ini diperkenalkan juga dunia Subatomic pada MCU. Juga pada mid-credit scene tampak cikal bakal baju Wasp dan di after-credit scene tampak Falcon dan Captain America berhasil menemukan Winter Soldier, yang merujuk pada film selanjutnya Captain America Civil War.

Ripiu nya

Lanjut ke Phase 3 atau link untuk mengetahui apa itu Infinity Stones

One thought on “Linimasa Kisah MCU Marvel-Disney (Updated Jun’17) Phase 2 *Spoiler*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.